Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Cilok yang Kenyal dan Enak

Cilok merupakan jajanan khas Indonesia yang banyak ditemui di hampir setiap daerah. Cilok merupakan makanan berbetuk bulat yang terbuat dari tepung, dan biasanya disajikan dengan sambal kacang. Namun sekarang, dengan banyaknya pembeli yang menginginkan rasa baru, cilok juga mempunya varian rasa yang banyak diantaranya Bumbu Balado, Bumbu Asin Pedas, dan lain-lain. Namun cilok original dengan sambal kacang lah yang masih menjadi idola masyarakat.

Ada banyak sekali cara membuat cilok yang saya temukan di Google. Jika sobat ingin membacanya silahkan buka saja Cookpad, di sana ada banyak sekali resep untuk membuat Cilok ini.

Dari beberapa resep yang saya baca, memang sebagian sama saja.

Tapi terkadang setelah mencobanya di rumah ada saja kendalanya. Misalnya saja cilok yang tidak matang, tidak kenyal, bahkan terkadang terasa tidak enak. 

Dalam artikel kali ini saya akan sedikit berbagi tips ditengah banyaknya pekerjaan, cara agar cilok yang sobat bikin dirumah bisa kenyal dan enak. Seperti dikutip dari IDNTimes hari ini 15/9/20


Gunakan Perbandingan 1:1

Tepung terigu dan tepung kanji yang digunakan untuk membuat cilok sebaiknya memiliki perbandingan 1:1. Ambil saja contoh jika tepung terigu yang digunakan 1kg, maka tepung kanji yang digunakan juga sebanyak 1kg. Dan yang paling penting gunakanlah tepung dengan kualitas yang baik.

Tuangkan Air Panas Secara Perlahan

Sebaiknya saat menuangkan air panas kedalam adonan lakukan secara perlahan. Hal ini bertujuan agar adonan yang sudah dibuat tidak terlalu encer. Jika hal tersebut terjadi, adonan cilok akan susah untuk dibentuk. Di dalam proses ini sobat juga bisa menambahkan daun bawang dan juga bumbu cilok.

Tambahkan Daging

Jika menginginkan cilok dengan rasa yang lebih enak, sobat bisa menambahkan daging cincang kedalam adonan. Tapi ditambahkannya daging ini hanya selera saja. Jika sobat tidak terlalu suka dengan daging, lewati saja langkah ini.

Tambahkan Minyak

Jika adonan sudah siap, langkah selanjutnya adalah merebusnya. Saran dari saya tambahkan minyak goreng secukupnya kedalam rebusan air mendidih akan dipakai untuk merebus cilok. Hal ini dimaksudkan agar cilok tidak menempel satu sama lain saat proses perebusan.

Kukus Selama 10 Menit

Jika menginginkan cilok dengan tekstur yang kenyal, cara ini boleh dicoba. Setelah selesai merebus dengan tingkat kematangan yang pas (mengambang), kukus cilok selama 10 menit.

Biarkan Di Dalam Panci

Hal ini juga bisa sobat coba untuk mendapatkan hasil yang pas. Biarkan adonan cilok didalam panci rebusan setelah direbus. Biarkan hingga 1 jam setelah itu baru ditiriskan. Hal ini akan membuat cilok tidak keras dan lebih lezat.

Nah dengan tips diatas, semoga bisa sedikit membatu bagi sobat yang kebetulan akan membuat cilok. Baik itu untuk dijual atau untuk dikonsumsi sendiri.

Selamat mencoba

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Cilok yang Kenyal dan Enak"