Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara merubah WhatsApp menjadi WhatsApp Bisnis

Cara merubah WhatsApp biasa menjadi WhatsApp Bisnis - Online Shop memang sedang trend bagi masyarakat Indonesia. Terlebih lagi dengan pandemi Virus Covid-19 yang tak kunjung mereda. Sebagai aplikasi Chat paling banyak diunduh, WhatsApp memang mempunyai fasilitas yang luar biasa, terutama bagi penggunanya yang memiliki usaha Online Shop.

Dengan fasilitas yang mendukung, WhatsApp menjadi pilihan terakhir bagi para pencari nafkah online. Terbukti dengan banyaknya kontak pada WhatsApp saya yang sebagian besar adalah Online Shop. Yah sebenarnya saya tahu kalau itu adalah sambilan saja sembari mengisi waktu luang. Bukan benar-benar Online Shop dengan Akun Bisnis.

Baca: Cara Log Out WA Web

Ngomong-ngomong Akun Bisnis nih, menurut saya akan lebih baik jika para Pengusaha Online Shop menggunakan WhatsApp Bisnis untuk usahanya dibandingkan dengan menggunakan WhatsApp biasa. Kenapa? Karena ada banyak keunggulan yang bisa sobat dapatkan jika memulai usaha Online menggunakan WhatsApp versi ini.

Apa saja keunggulannya?

Kelebihan WhatsApp Bisnis


Merubah whatsapp menjadi whatsapp bisnis

Kelebihan keunggulan WhatsApp Bisnis bisa sobat simak ulasannya dibawah ini

  • Memiliki keterangan jam kerja operasional toko
  • Memiliki fasilitas balas Chat Otomatis yang bisa diatur sendiri isinya
  • Memiliki fasilitas Quick Reply (balas cepat dengan draft yang bisa diatur)
  • Memiliki fasilitas label warna (bisa dipakai untuk menandai kontak sesuai pesanan barang, pending, lunas dan lainnya)

Untuk kelebihan lainnya diantaranya akan terlihat lebih profesional dengan adanya logo lencana hijau yang akan menambah kepercayaan pelanggan.

Dengan keunggulan dan kelebihan WhatsApp Bisnis dibandingkan dengan WhatsApp biasa diatas apakah sobat tertarik untuk menggunakannya? Jika iya sobat bisa download Aplikasi WhatsApp Business di Play Store, kemudian Intsall dan registrasi seperti saat mendownload WhatsApp biasa.

Namun jika nomor sobat sudah ter-registrasi pada WhatsApp biasa jangan kuatir, karena nomor tersebut masih bisa digunakan untuk registrasi WhatsApp Bisnis (asalkan masih aktif), namun datanya memang harus di backup terlebih dahulu. Karena WhatsApp hanya mengijinkan satu nomor untuk registrasi pada satu aplikasi saja.

Cara backup
  • Buka aplikasi WhatsApp
  • Klik titik tiga yang ada di pojok kanan atas
  • Pilih Setelan
  • Jika sudah, pilih Chat
  • Terakhir pilih Cadangkan Pesan

Backup data diatas bertujuan agar riwayat chat yang terdapat pada WhatsApp biasa tidak akan hilang jika sobat mengistall WhatsApp Bisnis dan menghapus WhatsApp lama. Sebenarnya ini cara Opsional ya, jika memang tidak ingin menghapus WhatsApp biasa juga tidak apa-apa, tapi WhatsApp yang lama tidak akan bisa dipakai lagi dikarenakan nomor sudah tersegistrasi untuk WhatsApp Bisnis.


Cara Merubah WhatsApp menjadi WhatsApp Bisnis

Jika sudah mem-backup data, langkah selanjutnya adalah sobat mengistal WhatsApp Bisnis

  • Buka Play Store
  • Pada kolom “search” ketikan keyword WhatsApp Business
  • Jika sudah ditemukan Aplikasinya dengan Logo huruf B, maka Install-lah aplikasi tersebut
  • Maka akan muncul halaman Syarat dan Ketentuan, pilih Setuju dan Lanjutkan
  • Registrasi dengan nomor yang sudah disiapkan. Nomor ini harus masih aktif ya, jika nomor sudah hangus akan kode verifikasi tidak akan terkirim. Ini penting guys
  • Pilih Lanjut
  • Jika sudah Pulihkan Cadangan Data yang ada
  • Terakhir WhatasApp Bisnis siap untuk digunakan

Nah, seperti yang sudah dijelaskan diatas, sobat bisa mengisi info akun bisnis dengan info-info penting seperti Nama Akun Bisnis, Jam Operasional, Alamat, Detail Kontak, Website dan lain-lain. Perlu diingat dalam membuat nama untuk akun bisnis, pikirkanlah dengan betul, karena penggantian nama untuk akun bisnis ini terbatas.

So, jadi tunggu apalagi? Jangan bilang nunggu gajah bertelur loh ya… hahaha (LOL)
Buruan Install dan gunakan Aplikasinya
Zef
Zef Saya bukan seorang blogger, hanya sekedar menyalurkan hobi menulis. Dan saya seorang PotterFreaks yang Fun, Pekerja Keras, dan selalu terbuka dengan hal yang baru. Semoga tulisan di blog pribadi saya ini bisa bermanfaat. Proud to be a Hufflepuff

Posting Komentar untuk "Cara merubah WhatsApp menjadi WhatsApp Bisnis"