Cara Sortir Sendiri Hasil Pencarian dari Google

Konten [Tampil]
Cara Sortir Sendiri Hasil Pencarian dari Google - Jika sobat sedang mencari sebuah artikel di mesin pencari Google pasti sobat tidak bisa mencegah halaman yang akan ditampilkan oleh Google dari hasil pencarian tersebut bukan? Yah memang google sendiri menurut saya menempatkan suatu hal yang ada di page one (halaman utama) bukan tanpa alasan. Google berarti menilai web atau blog tersebut sudah memenuhi kriterianya untuk ditempatkan di halaman utama.

Namun terkadang kita pun bosan membaca artikel dari blog atau web yang berada di halaman utama itu, karena setiap melakukan searching yang muncul di halaman utama web atau blog itu lagi. Seolah web atau blog itu memonopoli mesin pencari Google. Walapun sebenarnya artikel yang kita cari sudah ada disitu, tapi yah namanya manusia kan butuh referensi dari yang lain termasuk dari web atau blog yang lain sehingga mungkin bisa mendapat pandangan yang belum tertulis di web atau blog yang ada di halaman utama tadi.

Lantas bagaimana caranya agar kita bisa mensortir sendiri artikel yang akan kita baca melalui mesin pencari Google?

Sebenarnya ada cara yang sangat sederhana namun berhasil 100% jika sobat melakukannya. Cara ini hanya memerlukan pengetikan satu ‘tanda kata’ agar hasil artikel yang akan kita baca bukan dari web atau blog yang merajai halaman utama Google.

Cara Sortir Sendiri hasil Pencarian dari Google


Langkah pertama bukalah browser sobat (saya menggunakan Google Chrome)

Langkah kedua masuk ke google.com lalu ketikan kata kunci dalam kotak pencarian.

Misal sobat ingin membaca artikel tentang ‘Sea Games 2019’, maka jika dengan mode normal (hasil ditentukan oleh Google) tinggal memasukan kata kunci tersebut didalam kotak pencarian lalu tekan ‘Cari’

Maka hasil yang akan ditampilkan oleh Google adalah seperti gambar dibawah ini

Cara Sortir Sendiri Hasil Pencarian dari Google


Namun jika sobat ingin membaca artikel tentang ‘Sea Games 2019’ selain dari web seperti Tribunnews, maka sobat hanya perlu mengetikan kata kunci didalam kotak pencarian Google dengan ditambah -tribun (antara minus dan kata tribun disambung tanpa spasi)

Contoh “Sea Games 2019 -tribun”

Maka hasil yang akan ditampilkan akan seperi gambar dibawah ini

Cara Sortir Sendiri Hasil Pencarian dari Google

Dan hasilnya tidak akan ada lagi hasil yang ditampilkan dari Tribunnews, hal ini juga berlaku untuk web-web lain. Misalnya saja ‘Sea Games 2019 -kompas’, ‘Sea Games 2019 -detik’ dan web atau blog apapun yang sobat inginkan.

Nah mudah bukan cara untuk menyortir hasil pencarian dar google ini? Jadi tunggu apalagi, selamat mencoba

NB: Saya tidak bermaksud apapun dalam tulisan ini. Tulisan ini murni untuk pengetahuan saja tanpa ada maksud untuk menyinggung atau bermaksud tidak baik.



Buka Komentar

Belum ada Komentar untuk "Cara Sortir Sendiri Hasil Pencarian dari Google"

Posting Komentar

- Semua komentar akan dimoderasi, jadi tidak semua dipublikasikan
- Komentar menggunakan link aktif tidak akan di Moderasi
- Untuk mendapatkan pemberitahuan balasan dari Admin, silahkan centang Notife Me (Beri tahu saya)