Perbedaan Dasar Programmer dan Developer

Konten [Tampil]
Perbedaan Programmer dan Developer - Dalam dunia IT, istilah Programmer dan Developer sangat sering kita dengar. Yah, 2 hal ini memang berkaitan erat dalam dunia IT. Jika dilihat dari segi pandang orang awam, sebenarnya kedua istilah ini, Programmer dan Developer memiliki arti yang sama yaitu orang yang ahli dalam hal coding. Namun sebenarnya ada perbedaan yang membedakan kedua istilah dalam dunia IT tersebut.

Perbedaan Dasar Programmer dan Developer

Perbedaan Programmer dan Developer


Jika diartikan Programmer adalah orang yang bisa menyelesaikan masalah menggunakan bahasa pemrograman. Biasanya Programmer adalah lulusan dari Universitas jurusan Informatika dan Ilmu Komputer. Namun ada juga Programmer yang belajar secara otodidak. Di Indonesia sendiri Programmer yang belajar secara otodidak bisa dibilang cukup banyak, karena sekarang ini bahasa perograman juga sudah bisa dipelajari menggunakan buku yang banyak dijumpai di Toko. Bahkan sebelum masuk ke Universitas, banyak juga Sekolah Kejuruan yang mempelajari tentang bahasa Pemrograman ini.

Untuk menjadi seorang Programmer paling tidak harus bisa menggunakan satu bahasa pemrograman serta handal dalam bidang ini, mengerti Algoritama dan bisa menulis kode kode dalam bahasa Pemrograman.

Sedangkan Developer adalah orang yang sudah sangat ahli dalam bidang Pemrograman. Bisa dibilang Developer ini adalah tingkat lanjut dari Programmer. Developer bukan hanya menyelesaikan tugas dari Programmer tetapi juga membangun suatu Produk. Dilihat dari segi pekerjaannya tentu jika dibandingkan dengan Programmer, Developer ini mempunyai tanggung jawab yang lebih luas dari seorang Programmer.

Seorang Developer selain harus mempunyai kemampuan untuk menyelesaikan masalah, juga harus tahu mana metode yang akan berhasil dan mana metode yang tidak akan berhasil. Selain itu menjadi seorang Developer juga harus bisa menggambarkan tujuan dan merancang suatu perangkat lunak yang akan dibuat.

Jadi inti dari Pebedaan Programmer dan Developer adalah tingkatannya, terlepas dari kesamaan mereka yaitu sama-sama bekerja di Dunia IT.

Jadi bagaimana? Apakah sobat adalah Programmer? Ataukah Developer? Share dikolom komentar ya. 
Buka Komentar

Belum ada Komentar untuk "Perbedaan Dasar Programmer dan Developer"

Posting Komentar

- Semua komentar akan dimoderasi, jadi tidak semua dipublikasikan
- Komentar menggunakan link aktif tidak akan di Moderasi
- Untuk mendapatkan pemberitahuan balasan dari Admin, silahkan centang Notife Me (Beri tahu saya)