Akreditasi dan Biaya Kuliah di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Pemalang

Konten [Tampil]
STIT Pemalang atau Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Pemalang adalah Perguruan Tinggi  yang didirikan oleh Yayasan Lembaga Pendidikan Pengembangan Sumbar Daya Keluarga Indonesia (LP2DKI) Pemalang. Sekolah tinggi Ilmu Tarbiyah Pemalang ini merupakan Perguruan Tinggi yang lebih mengutamakan membantuk tenaga kerja yang berkompeten di bidang Pendidikan Agama, terutama di daerah Pemalang dan sekitarnya. Karena tenaga kerja Pendidikan Agama di daerah ini masih tergolong sedikit dibandingkan dengan daerah lain di Jawa Tengah. Karena faktor inilah didirikan suatu Sekolah Tinggi yang bernama Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Pemalang.

Akreditasi dan Biaya Kuliah di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Pemalang



SEJARAH DIDIRIKANNYA STIT PEMALANG

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Pemlang ini dirintis oleh LP2DKI Pemalang yang mulai beroperasi pada tanggal 8 September 2001 atas Surat Keputusan Koordinatorat Kopertais Wilayah Jawa Tengah No: 04. Pada awal berdirinya Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Pemalang  ini yang dulunya bernama STAI (Sekolah Tinggi Agama Islam) Pemalang  hanya mempunyai 2 Jurusan dengan 4 Program Studi, yaitu

Jurusan Pendidikan Agama Islam atau Tarbiyah
  • S1 Program Studi Agama Islam (PAI)
  • D2 Program Studi Pendidikan Guru Taman Kanak-kanak Islam
  • D2 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Islam

Jurusan Muamalat
  • S1 Program Studi Manajemen Perbankan Syari’ah

Pada tahun 2005, tepatnya tanggal 22 Maret, atas dasar ijin dari  Direktur Jendral Kelembagaan Islam Departmen Agama Repubik Indonesia dengan No. DJ.II/42/2005 tentang Persetujuan didirikannya Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Pemalang dan juga atas dasar SK No.Dt.II.II/I/PP.02.3/272/2005 tentang Program Studi maka STAI Pemalang merubah nama manjadi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Pemalang dengan program studinya yaitu

  • S1 Program Studi Penidikan Agama Islam
  • D2 Pendidikan Guru Agama Islam Sekolah Dasar
  • D2 Pendidikan Guru Agama Islma Taman kanak-kanak
  • Program Akta IV

(Update Terbaru: berdasarkan surat edaran dari Dirjen Bagais untuk Program Studi Pendidikan Guru Agama Islam Sekolah Dasar dan Pendidikan Guru Agama Islam Taman Kanak-kanak berubah menjadi D4)

Pada tahun 2011, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Pemalang mendapat perpanjangan ijin tentang Penyelenggaraan Program Studi S1 Pendidikan Agama Islam , dan mendapat Akreditasi B olah BAN-PT sampai saat ini, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Pemalang masih bisa mempertahankan Predikat dan Akreditasinya.

Pada tahun 2014, dengan terbitnya Surat Keputusan dari Dirjen  Pendidikan Islam Kementrian Agama RI, Program Strata Sarjana di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Pemalang bertambah. Program Sarjana tersebut adalah:

  • Pendidikan Guru Madrasah Ibtiyah
  • Pendidikan Guru Raudhatul Atfal
  • Pendidikan Bahasa Arab
  • Manajemen Pendidikan Islam

Sampai pada akhirnya pada tahun 2016, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Pemalang mandapatkan perpanjangan untuk Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI). 

Sampai saat inipun Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Pemalang masih terus berupaya melakukan Proses Pembaharuan Pendidikan yang nantinya bisa mencetak para praktisi yang berkompeten.

PROGRAM STUDI

S1 Pendidikan Agama Islam

Terdiri dari berbagai mata kuliah. Mata kuliah tersebut ada yang wajib dan juga pilihan. Mata kuliah yang wajib diantarnya (8 Semester): Pendidikan Kewarganegaraan,  Ilmu social dan Budaya,  Bahasa Arab, Ulumul Qur’an, Ulumul Hadits, BTQ, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Pengantar Agama Islam, Pengantar Filsafat, Metodologi Studi Islam, Sejarah Peradaban Islam, Ushul Fiqh, Ilmu tauhid, Ilmu Pendidikan, Ilmu Tasawuf, Fiqh, Tafsir, Hadits, Psikologi, Ilmu Pendidikan Islam, Manajemen Pendidikan, Administrasi Sekolah Metodologi Penelitian, Statistik Deskriptif, Sejarah Pendidikan Islam, Manajemen Pendidikan Agama Islam, Sosiologi dan Antropologi Pendidikan, Psikologi Pnedidikan, Pengembangan Sistem Evaluasi PAI, Perencanaan Sistem Pembelajaran PAI, Statistik Inferensial,  Filsafat Pendidikan Islam, Media Pembelajaran, Strategi Belajar Mengajar PAI,  Telaah Materi PAI (TK-SD), Metodologi Pendidikan Islam, Pendidikan Qur’an Hadits, Pendidikan Aqidah Akhlak, Micro Teaching, Tafsir Tarbawi, Hadits Tarbawi, Teknologi Pendidikan Islam, Etika Profesi Keguruan, Pengembangan Sistem Evaluasi PAI, Telaah Materi PAI (SMP-SMA), Masailul Fiqiyah, Bimbingan dan Konseling, Praktek Pengalaman Kerja, Praktek Kerja Lapangan, Sistem Informasi Pendidikan, KKN dan Skripsi. Untuk mata Kuliah pilihan adalah Studi Tokoh Pendidikan Islam dan Kewirausahaan.

S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Hampir sama dengan S1 Pendidikan Agama Islam, hanya saja ada tambaham Mata Kuliah yaitu, Pembalajaran SKI, Pembelajaran PKN, Konsep Dasar Matematika, Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra, Konsep Dasar Sains, Pembelajaran Sains, Konsep Dasar IPS, Pembelajaran IPS, Penjaskes dan Kertangkes.

S1 Pendidikan Bahasa Arab

Sama dengan S1 Pendidiakan Agama Islam, hanya ditambah dengan Nahwu, Sharf, Istima, Kitabah, Qiraah, Balaghah, Insya’, Linguistik, Tarjamah, Fiqh Al Lughoh, dan Tarikh Adab.

S1 Manajemen Pendidikan Islam

Sama dengan S! Pendidikan Agama Islam, namun  ada tambahan dalam Mata Kuliahnya yaitu, Komunikasi Organisasi, Administrasi Pendidikan, Aplikasi Manajemen Komputer, Manajemen Keuangan, Manajemen Perkantoran, Manajemen SDM, Manajemen Strategik, Bimbingan Konseling, Manajemen Rasiko, Manajemen Pendidikan, Manajemen Kepeminpinan, Manajemen Pemasaran dan masih banyak lainnya.

FASILITAS

Gedung dan Ruang Kelas
AC
Perpustakaan
Laboratorium
Free Wifi
Studio Musik
Beasiswa

INFO PENDAFTARAN MAHASISWA BARU (PMB)

Untuk pendaftaran, silahkan kunjungi web resminya di stitpemalang.ac.id

BIAYA KULIAH

Terdiri dari biaya Pendaftaran, Biaya Pengembangan Pendidikan dan Biaya Semester

Biaya Pendaftaran

Gelombang 1: 150.000
Gelombang 2: 200.000
Gelombang 3: 250.000

Biaya Pengembangan Pendidikan

Total untuk biaya pengembangan Pendidikan 4.000.000 (bisa diangsur hingga 4 kali selama 4 semester)

Biaya Semester

Semester 1-7
Registrasi: 300.000
SPP: 500.000
Kegiatatan Mahasiswa: 200.000
SKS: 1.400.000
Total: 2.400.000

Semester 8
Registrasi: 300.000
SPP: 500.000
Kegiatan Mahasiswa: 200.000
SKS: 700.000
Total: 1.700.000

Biaya diatas belum termasuk Biaya Praktikum
SPP selain Pendidikan Agama Islam dispensasi 50 %

KONTAK PENTING

Alamat:
Jl. D.I. Panjaitan Km 3 Padaruksa kabupaten Pemalang 52319
Telepon:
(0284) 323741

WhatsApp:
08112610054

Email:
stitpemalang@yahoo.co.id

Website:
stitpemalang.ac.id

Instagram:
@stitpemalang_

Twitter: -

Facebook:
STIT Pemalang

Buka Komentar

Belum ada Komentar untuk "Akreditasi dan Biaya Kuliah di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Pemalang"

Posting Komentar

- Semua komentar akan dimoderasi, jadi tidak semua dipublikasikan
- Komentar menggunakan link aktif tidak akan di Moderasi
- Untuk mendapatkan pemberitahuan balasan dari Admin, silahkan centang Notife Me (Beri tahu saya)