Cara Agar Artikel Yang terkena DMCA Bisa Terindeks Lagi

Konten [Tampil]
Contoh Balasan Email Untuk DMCA - Jika sobat pernah terkena DMCA, jangan terlalu nge-down, anggap saja ini ujian supaya kita bisa tetap tangguh dalam dunia blogging.

Sebenarnya menurut beberapa pengalaman saya saat terkena DMCA, bukan berarti kita salah dalam membuat artikel, tetapi bisa juga disebabkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Contohnya saja klaim palsu. Tetapi jika memang klaim DMCA itu benar adanya, yah terpaksa kita harus memperbaiki artikel yang terkena DMCa tersebut agar bisa masuk ke laman Google kembali.

Sebenarnya ada cara yang sangat sederhana, biasanya setelah membuat konten masuk ke draft, Google DMCA akan mengirimkan email seperti ini

Kepada yth webmaster www.bocahsihir.info

Google telah menerima pemberitahuan sesuai dengan Digital Milenium Copyrigt Act (DMCA), bahwa beberapa materi yang ditemukan di situs anda diduga melanggar hak cipta orang lain……dan lain-lain

Saya sengaja tidak menuliskannya semua karena panjang, hahaha LOL

Tetapi intinya adalah konten yang sudah masuk kedraft diminta untuk di edit, agar tidak melanggar copyrigt lagi. 

Contoh Balasan Email Untuk DMCA, Agar Artikel Terindeks Lagi


Lalu bagaimana cara agar artikel yang terkena DMCA bisa terindeks lagi?

Seperti yang sudah saya jelaskan, tentu saja yang pertama kita harus mengedit artikel yang ada sehingga tidak melanggar kebijakan Google lagi.

Yang kedua. Sebelum sobat mempublikasikan ulang artikel yang terkena DMCA, ada baiknya teliti kembali apakah teguran DMCA ini berasal dari Gambar yang dipakai didalam artikel, atau karena artikel itu sendiri. Edit dan rubah konten yang mengandung copyright tersebut

Ketiga, jika dirasa sudah yakin tidak ada konten yang melnggar lagi, artikel bisa dipublikasikan ulang tetapi sebelumnya ubahlah link dari artikel tersebut. Jika sudah, maka publikasikan ulang artikel yang etrkena DMCA tersebut.

Jika ketiga hal diatas sudah dilakukan, maka langkah selanjutnya adalah mengirim email balasan kepada Google DMCA, kirimkan dalam bahasa Inggris. Kenapa harus bahasa Inggris? Kalau menurut saya agar lebih cepat direspon. Sobat bisa menggunakan bantuan dari Google translate. Isi dari pesan balasannya kurang lebih adalah permintaan maaf telah melanggar kebijakan dari DMCA. Oh iya dan jangan lupa cantumkan shortlink dari artikel sobat yang melanggar, kemudian cantumkan juga shortlink dari artikel yang sudah di edit tadi.

Nah sejauh ini konten sudah bisa terindeks lagi. Tetapi yah mungkin ada perubahan posisi di serp Google. Tapi yah tidak apa-apa nanti juga lama-lama akan kemabali lagi. Dari pengalaman saya mungkin sekitar 1 minggu baru artikel yang terkena DMCA bisa terindeks lagi.

Itulah cara agar artikel yang terkena DMCA bisa terindeks lagi. Semoga bermanfaat ya…

Buka Komentar

Belum ada Komentar untuk "Cara Agar Artikel Yang terkena DMCA Bisa Terindeks Lagi"

Posting Komentar

- Semua komentar akan dimoderasi, jadi tidak semua dipublikasikan
- Komentar menggunakan link aktif tidak akan di Moderasi
- Untuk mendapatkan pemberitahuan balasan dari Admin, silahkan centang Notife Me (Beri tahu saya)