Jenis-Jenis Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia

Konten [Tampil]
Bingung mau kuliah dimana?
Jika sobat adalah siswa SMA/MA yang sedang bingung dalam mencari jenjang lanjutan sekolah setelah lulus dan ingin mencari tahu tentang Perguruan Tinggi, pas sekali karena saya akan menjelaskan secara singkat jenis-jenis perguruan tinggi yang ada di Indonesia.

Jenis-jenis Perguruan Tinggi di Indonesia tidak terlalu banyak, saya hanya bisa merangkumnya menjadi 5 macam. Namun untuk daftar nama dari Perguruan tinggi tersebut sangatlah banyak. Mulai dari Negeri sampai Swasta. Terserah sobat saja ingin mendaftar dimana, karena pada dasarnya semua Perguaran Tinggi akan mengajarkan mahasiswanya dengan baik dan maksimal.

Jenis-jenis Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia

Jenis-jenis Perguruan Tinggi di Indonesia

Universitas

Universitas adalah lembaga pendidikan tinngi yang paling terkenal di Indonesia. Lembaga ini bertujuan menciptakan tenaga kerja yang profesional dan siap kerja, tenaga pendidikan serta peneliti. Di dalam Lembaga ini ada banyak sekali fakultas yang bisa sobat pilih, misalnya saja sobat memilih untuk masuk ke Fakultas Teknik, nah di dalam Fakultas Teknik ada berberapa jurusan yang bisa dipilih, contoh Teknik Arsitektur, Sipil, Mesin, Elektro dan masih banyak jurusan yang lain.

Institut

Institut berbeda dengan Universitas, jika Universitas bisa untuk segala bidang, sedangkan institut lebih fokus untuk satu bidang saja. Contoh mudahnya Institut Pertanian. Maka hal yang dipelajari adalah tentang pertanian saja. Walaupun pada dasarnya Institut lebih fokus ke satu bidang saja, namun Institut juga mempunyai beberapa Fakultas, misalnya Fakultas Kehutanan, Peternakan, Pertanian hingga Perikanan.

Sekolah Tinggi

Sekolah Tinggi adalah Jenis Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan Akademik dalam lingkup satu disiplin Ilmu Teknologi, Pengetahuan, dan seni. Jika memenuhi syarat, Sekolah Tinggi dapat menyelenggarakan pendidikan profesi. Contoh  STAN (Sekolah Tinggi Akutansi Negara) memiliki program khusus mengajarkan Ilmu akutansi, atau STIE (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi) yang memiliki program spesialis ekonomi.

Akademi

Akademi adalah perguruan tinggi yang lebih mengutamakan praktek dibandingkan dengan teori. Akademi ini menyelanggarakan satu program studi saja. Selain lebih menekankan ketrampilan praktek, Akademi juga menekankan agar mahasiswanya memiliki kemampuan untuk mandiri. Di Indonesia sendiri ada banyak sekali Akademi yang berstatus kedinasan. Hal ini menunjukan bahwa Akademi ini didelenggarakan oleh pemerintah. Contoh Akademi di Indonesia yang dikelola oleh pemerintah; Akpol (Akademi Kepolisisan), Akmil (Akademi Militer), dan masih banyak lainnya.

Politeknik

Hampir sama dengan Akademi, Politeknik juga bertujuan untuk menyiapkan mahasiswanya untuk memiliki kemampuan yang Profesonal di dalam masyarakat. Politeknik ini juga lebih mengutamakan praktek dan latihan yang memadai dibandingkan dengan teori. Di Indonesia Politeknik yang terkenal antara lain Poltekes (Politeknik Kesehatan), Politeknik Elektronika, Politeknik Ilmu Pelayaran, Politeknik Manufaktur, dan masih banyak lainnya.

Nah, setelah penjelasan singkat saya diatas, dari kelima jenis Perguruan Tinggi itu kira-kira sobat akan mendaftar dimana? Tentunya sebelum mendaftar ke Perguruan Tinggi harus benar-benar dipikirkan. Saran saya pilihlah yang sesuai dengan kemampuan dan kemauan sobat. Karena jika melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi yang tidak sesuai dengan basic dari diri sendiri, akan terasa lebih berat (menurut saya pribadi sih hehe). 
Buka Komentar

Belum ada Komentar untuk "Jenis-Jenis Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia"

Posting Komentar

- Semua komentar akan dimoderasi, jadi tidak semua dipublikasikan
- Komentar menggunakan link aktif tidak akan di Moderasi
- Untuk mendapatkan pemberitahuan balasan dari Admin, silahkan centang Notife Me (Beri tahu saya)