Panduan Lengkap Agar Blog Cepat Diterima Adsense

Adsense merupakan hal yang sangat diidam-idamkan oleh para blogger, bukan hanya di Indonesia saja tetapi hampir diseluruh dunia. Dengan Adsense, kita bisa memonetasi blog yang kita kelola untuk mendapatkan pemasukan, dengan kata lain blog yang kita kelola akan menghasilkan uang.

Namun tidak serta merta Google menyetujui dan menerima semua blog yang sudah mengajukan agar diterima Adsense, tetapi Google sendiri juga menyeleksi blog-blog yang masuk untuk menjadi Publishernya. Dan untuk menjadi Publishernya pun sebenarnya gampang-gampang susah, akan tetapi kita masih masih bisa mengusahakan agar lebih diprioritaskan untuk diterima.

Dalam tulisan kali ini, saya akan berbagi cara agar blog yang sobat kelola bisa diterima oleh Google sebagai salah satu Publihsernya.

Panduan Lengkap Agar Blog Diterima Adsense

Panduan Lengkap Agar Blog Diterima Adsense

1. Gunakan Link Aktif Di Menu Navigasi

Sobat bisa melihat di blog bocahsihir.info ini. Biasanya sobat menggunakan link yang mengarah ke search/label/kategori kan? kalau bisa gunakan juga yang mengarah ke Page Halaman. Contoh /p/nama-page.html

2. Mempunyai Widget Pelengkap yang lengkap

Widget pelengkap disini meliputi Popular Post, Label, About Me (Blogger), Search Bar dan Arsip Blog

Jika blog sobat belum mempunyai widget pelengkap maka buatlah widget diatas.

2.A. Cara Membuat Popular Post

Pertama masuklah ke Dasblor Blogger sobat, kemudian pilih Tata Letak
Kedua pilih Tambahkan Widget

Catatan: Jika menggunakan template Viomagz maka pilih kolom widget sidebar karena Popular Posts ini akan lebih bagus jika meletakannya di kolom sidebar.

Ketiga setelah menambahkan widget, maka sobat akan dibawa ke halaman baru, disini sobat pilih Postingan Populer (lihat gambar)


Panduan Lengkap Agar Blog Diterima Adsense
cara membuat Popular Posts

Terakhir sebelum disimpan, silahkan sobat pilih tampilan dari Postingan Populer apakah ingin menmpilkan satu minggu terakhir, atau satu bulan terakhir itu terserah sobat.

2.B. Cara Membuat Label di Blog

Yang harus sobat lakukan sama seperti cara membuat Popular Post, masuklah ke Dasbor Blogger dan pilih menu Tata Letak.
Jika sudah, klik Tambahan widget. Nah perbedaannya dalam halaman baru ini sobat pilih Label (lihat gambar)


Panduan Lengkap Agar Blog Diterima Adsense
cara membuat Label blog

Disini juga ada pilihan bentuk tampilan dari label yang akan sobat buat. Terakhir klik Simpan

2.C. Cara Membuat About Me Blogger

Sama dengan cara diatas hanya saja saat halaman baru terbuka maka yang dipilih adalah Profil. Nah disini profil sobat akan mencul di sidebar blog. Jika sobat belum mempunya Profil Blogger maka buatlah terlebih dahulu.

2.C.1. Cara Membuat Profil Pada Blogger
Pertama masuklah ke Dasbor Blogger dan pilih Setelan, kemudian pilih Setelan Pengguna
Kedua pilih Profil Pengguna dan klik Edit

Pada halaman baru yang ditampilkan selanjutnya, akan ada beberapa data yang bisa sobat isi untuk membuat profil pada menu blogger.

Panduan Lengkap Agar Blog Diterima Adsense
cara membuat profil blogger

Terakhir klik Simpan

2.D. Cara Menambahkan Search Bar pada Blog

Jika menggunakan template modern, maka kotak pencarian sudah secara otomatis terpasang pada struktur template yang sobat pakai. Kalau boleh saya menyarankan pakailah template Viomagz buatan dari Mas Sugeng, karena template sudah sangat lengkap fasilitasnya, jadi sobat tidak terlalu repot jika ingin mendaftarkan blognya ke Google Adsense.

Namun jika sobat masih menggunakan template yang belum dilengkapi dengan Search Bar maka sobat perlu membuatnya.

Pertama masuklah ke Dasbor Blogger dan Tambahkan Widget sama seperti cara sebelumnya akan tetapi saat terbuka halaman baru, sobat pilih Penelusuran Blog. Terakhir Simpan

Panduan Lengkap Agar Blog Diterima Adsense
cara membuat search bar blog

2.E. Cara Membuat Arsip Blog

Panduan Lengkap Agar Blog Diterima Adsense
cara membuat Arsip Blog
 
Sama seperti cara diatas, yang perlu soba pilih adalah Arsip Blog. Disini sobat juga bisa memilih model yang akan ditampilkan Arsip Blog ini. Jika sobat ragu maka cobalah semua dan pilih yang paling sesuai dengan tampilan atau layout dari blog yang sobat punya.

3. Memiliki Konten Pelengkap

Sebenarnya hampir sama dengan widget pelengkap, hanya saja Konten Pelengkap ini sobat bisa letakan di Halaman Statis blog (khusus Halaman Page)
Konten Pelengkap yang saya maksudkan adalah Contact, About Me (tentang Blog), Privacy Policy, Terms Of Service dan Disclaimer

Jika sobat belum mempunyai Halaman tersebut, maka sobat harus membuatnya terlebih dahulu.

Baca: Cara Membuat Halaman Statis pada Blog

Jika sudah mebuatnya, maka selanjutnya adalah memasangnya pada blog sobat. Jika menggunakan template Viomagz, maka yang harus sobat lakukan adalah membuka menu Dasbor dan Edit HTML-nya.

Cari menggunakan tombol CTRL+F kata “disclaimer
Jika sudah ditemukan maka akan ada kode seperti dibawah ini

<ul>

  <li><a href='#'>About</a></li>

  <li><a href='#'>Contact</a></li>

  <li><a href='#'>Privacy Policy</a></li>

  <li><a href='#'>Disclaimer</a></li>

</ul>

Gantilah tanda “#” dengan url dari Halaman Page yang sudah sobat buat tadi. Terakhir Simpan.

4. Artikel Tidak Copas / Konten Salinan

Inilah yang penting. Biar bagaimanapun sobat sudah otak-atik template sesuai standar dari Google Adsense tetapi konten yang ada didalamnya adalah konten salinan alias copas sudah jelas hal yang sudah saya jelaskan diatas tidak akan berguna. Kenapa? Hal ini berkaitan dengan Kebijakan Google tentang Hak Cipta. Google tidak akan memasang iklannya pada konten yang melanggar Hak Cipta.

Maka saran dari saya tulislah artikel yang original buatan sobat sendiri. Kalau memang harus mencari referensi, maka kembangkanlah artikelnya sehingga akan lebih memberikan informasi yang lengkap. Bukan menyalin mentah-mentah artikelnya.

Jika sobat membuat artikel yang akan dipublikasikan pada blog yang akan diajukan untuk menjadi Publisher dari Google Adsense itu adalah original maka sobat tidak perlu kuatir tentang Pelnggaran hak Cipta. Tetapi jika sobat rewrite dari blog lain, dalam artian mencari referensi dari blog lain sobat bisa mengecek artikel yang baru saja sobat buat apakah mengandung unsur palgiat atau tidak di Tools Online yang banyak terdapat di Internet.

5. Menu Navigasi

Biasanya faktor yang paling banyak terjadi ketika pendaftaran Google Adsense ditolak adalah masalah pada Menu Navigasi. Saran dari saya gunakanlah menu navigasi yang biasa saja. Dalam artian tidak membingungkan pengguna. Selain itu isilah Menu Navigasi tersebut dengan artikel atau konten Pelengkap khusuh halaman page. Jangan sampai ada yang terlewat apalagi sampai menuju ke halaman ERROR 404.

6. Template

Gunakanlah template yang Responsive, Mobile Friendly, dan Bersih. Bersih disini adalah bebas dari segala widget yang tidak penting, memiliki warna yang cerah dan enak dipandang mata. Cobalah untuk berpikir jika sobat menjadi pengunjung blog dan membuka blog sobat sendiri pasti saat membaca artikel yang ada didalamnya menginginkan kenyamanan bukan? Nah hal inilah yang harus dilakukan agar Google mau mempertimbangkan blog kita sebagai publishernya.

Baca: Rekomendasi Template Terbaik Menurut Versi Bocah Sihir

Penutup

Dari ke enam cara diatas sebenarnya ada satu yang belum saya sebutkan yaitu usaha dan terus rajin update artikel. Jika sobat sudah mendaftarkan blog yang sobat punya ke Google Adsense dan sedang dalam tahap peninjauan maka tunjukanlah bahwa blog sobat layak untuk menjadi Publisher Google dengan terus membuat blog sobat aktif dan informatif. Hal ini bertujuan agar pihak yang mengecek Blog sobat (staff Google, bukan robot Google) bisa menyimpulkan bahwa blog sobat layak.

Jika sudah mengikuti cara diatas, silahkan untuk mencoba mendaftar ke Google Adsense. 

Yah, itu saja yang bisa saya bagikan pada kesempatan kali ini. Karena saya yakin usaha tidak akan menghianati hasil.







Buka Komentar

Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Agar Blog Cepat Diterima Adsense"

Posting Komentar

- Semua komentar akan dimoderasi, jadi tidak semua dipublikasikan
- Komentar menggunakan link aktif tidak akan di Moderasi
- Untuk mendapatkan pemberitahuan balasan dari Admin, silahkan centang Notife Me (Beri tahu saya)