7 Cara Jitu Mendapatkan Ide dalam Menulis Blog

Konten [Tampil]
Menulis bukan hanya sekedar merangkai kata untuk membentuk suatu kalimat dan paragraf, tetapi menulis menurut saya adalah suatu cara untuk menyampaikan ide yang ada didalam benak atau pikiran dan membagikannya dengan bahasa yang bisa dipahami, dan membuat kesan tersendiri bagi pembaca.

Bagi para blogger yang rutin menulis artikel di blognya menggunakan cara-cara yang berbeda-beda dalam menyampaikan maksud dari artikel yang mereka tulis. Ada yang menggunakan bahasa puitis, bahasa formal, bahasa sehari-hari dan juga bahasa yang bisa dibilang Gaul. Ini adalah ciri yang dimiliki oleh para blogger dari Indonesia yang kalau boleh saya bilang “Bhineka Tunggal Ika Blogger Indonesia”. walaupun berbeda beda dalam penyampaiannya akan tetapi maksud dan tujuannya sama.

Dalam penulisan sebuah artikel sebenarnya bisa dibilang gampang-gampang susah, karena terkadang kebanyakan orang termasuk saya seringkali merasa kebingungan saat akan menulis. Seperti saat ini, saat saya menulis artikel ini pun saya masih merasa bingung, akan tetapi kembali lagi kepada pribadi masing masing dalam mengelola ide yang ada walaupun hanya sedikit.

Buka saja laptop dan mulailah menulis!

Tulislah apa saja yang ada dipikiran dan tuangkanlah dalam sebuah tulisan. Kembangkankan sedikit ide yang sudah didapat kemudian rangkai untuk membentuk suatu artikel. Jika dipikir ada banyak sekali hal yang bisa dijadikan bahan menulis, akan tetapi bingung dalam penyampaiannya.

cara mencari ide untuk menulis blog

7 Cara Mendapatkan Ide Dalam Menulis Blog

Gunakan pengalaman sebagai bahan menulis

Pengalaman adalah bahan yang paling sering saya gunakan dalam menulis. Bisa dibilang dalam membangun blog BocahSihir ini. Mulai dari setting templete, pemasangan adsense, promo blog, oprek HTML dan masih banyak yang lain. Atau bisa juga menulis penglaman pribadi apa yang dialami hari ini diluar dari masalah blog.

Menjemput ide dalam menulis

Cobalah untuk berkeliling. Jika anda adalah seorang treveler tentu akan banyak pengalaman yang bisa ditulis, akan tetapi jika keadaannya seperi saya yang notabennya adalah seorang karyawan swasta, pasti tidak mudah dalam memcari ide. Yah memang sih pekerjaan pun bisa dijadikan ide, akan tetapi tidak banyak yang bisa dikembangkan karena keterikatan prosedur atau rahasia perusahaan.
Maka cobalah untuk jalan-jalan, sekalian bisa untuk refreshing. Tidak perlu jauh-jauh cukup untuk menyegarkan pikiran agar lebih fresh dan bisa mendapatkan ide dengan apa yang dialami saat jalan-jalan atau bekeliling.

Berbicara dengan seseorang

Cobalah berbicara dengan seseorang dan temukan ide untuk menulis dari informasi yang didapat dari pembicaraan tersebut. Misalnya tetangga atau teman anda adalah seorang Ojek Online, nah cobalah untuk bertanya tentang pekerjaannya bagaimana, cara penggunaan aplikasinya bagaimana, atau pengalaman apa saja yang dia dapatkan hari ini saat mengantarkan penumpang. Hal ini bisa didapatkan jika kita bisa menyaring informasi yang didapat dan bisa menuangkannya kedalam suatu tulisan.

Blogger adalah orang yang bisa menyampaikan apa yang didapat dan membagikannnya dalam bentuk tulisan atau informasi yang bisa bermanfaat bagi orang lain.

Merenung sejenak dan pejamkan mata

Ini adalah salah satu cara yang patut untuk dicoba. Cobalah untuk mengingat hal-hal menarik dalam beberapa minggu, atau bulan, atau tahun ini. Atau bisa juga menuliskan pengalaman saat masih kecil. Hal ini juga bisa dijadikan ide untuk menulis.

Mencari referensi dari media lain

Sebenarnya rewrite itu tidak dilarang, asalkan menggunakan bahasa yang berbeda dan lebih dilengkapi dari artikel sebelumnya. Ingatlah, kita mecari referensi, bukan menjiplak.
Kita bisa mencontoh salah satu blogger asal Nigeria Linda Ikeji. Dalam blognya pun tidak murni dari hasil ide dia sendiri, tetapi ada juga yang dia dapatkan dari blog besar yang ada di Negaranya, itulah sebabnya blog yang dia kelola yaitu LindaIkejiBlog.com bisa terus update dan manjadikannya salah satu blog yang cukup besar di Nigeria.

Menonton TV atau Film

Ini juga salah satu cara untuk mendapatkan ide dalam menulis. Jika blog yang ada kelola adalah blog review Film maka sering seringlah nonton. Karena hal ini kan menambah wawasan ada dalam menulis. Begitu juga jika blog anda bertema Gosip, hal ini sangatlah penting.

Istirahat

Hal ini kan membantu me-restart tenaga anda yang sudah hampir habis, dan akan membatu pikiran menjadi tenang sehingga bisa menemukan ide dalam menulis

Dari semua hal diatas akan lebih mudah jika menulis sesuai dengan passion sendiri, yah sebagai contoh saja jika anda adalah seorang gamers, maka buatlah blog sesuai dengan kemampuan anda yaitu tentang gaming, aplikasi mod, dan lain-lain.

Nah itulah beberapa cara untuk menemukan ide manulis saat tidak memiliki ide apapun. Semoga bermanfaat ya.

3 Komentar untuk "7 Cara Jitu Mendapatkan Ide dalam Menulis Blog"

  1. Wah, artikelnya sangat membantu saya dalam menemukan ide untuk menulis, tetap semangat update artikelnya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas terimakasih atas apresiasinya.

      Insya Alloh mas, tetep terus update.

      Hapus

- Semua komentar akan dimoderasi, jadi tidak semua dipublikasikan
- Komentar menggunakan link aktif tidak akan di Moderasi
- Untuk mendapatkan pemberitahuan balasan dari Admin, silahkan centang Notife Me (Beri tahu saya)