Menghabiskan Sisa Liburan Di Purbasari Pancuran Mas Purbalingga

Lets go” itulah kata kata yang terucap saat meluncur menuju Purbasari Pancuran Mas sebuah wahana wisata keluarga yang terletak di Desa Purbayasa Purbalingga. Batapa senangnya satelah lebaran baru bisa benar-benar refreshing dan menenangkan pikiran dari segala penat dan stress karena pekerjaan.

Perjalanan kami (saya dan satu teman) mulai setelah selesai mengurus surat-surat di Kantor BPJS. Dengan bantuan Google Map kami meluncur menuju Purbasari Pancuran Mas dengan rasa penasaran. Bukan karena kami belum pernah berwisata di Purbasari, akan tetapi dikarenakan kami sudah mendengar bahwa tempat wisata yang ada di desa Purbayasa tersebut sudah di Renovasi. Yah, memang sebelumnya kami sudah pernah mengunjungi Purbasari, akan tetapi itu sudah sangat lama sekali, kurang lebih sekitar setahun yang lalu. Berawal dari sebuah foto salah seorang teman yang menghabiskan waktu liburan di lokawisata ini, sayapun penasaran karena dari gambar yang ada di foto tersebut wisata Purbasari sudah mengalami banyak perubahan. Karena inilah sayapun juga ingin mengunjunginya.

Motor Vario Merah yang kami kendarai, dipacu dengan kecepatan sedang menuju lokasi. Tidak terlalu lama hanya memakan waktu sekitar 30 menit perjalanan dari Kota Purwokerto. Sengaja saya memilih jalur yang lain dari kunjungan kami sebelumnya. Kami memilih jalur yang banyak ditumbuhi pohon di penggir jalan, yah karena memang perjalanan yang kami tempuh menuju lokasi wisata ini banyak melalui pedesaan yang masih asri dan adem. Jalur ini sengaja kami pilih agar tidak terlalu dipusingkan dengan kendaraan yang hilir mudik membunyikan klakson dan ingin mendahului kami.

Setengah jam pun berlalu, dan kami pun memarkir Vario Merah yang kami kendarai setelah sebelumnya membayar Rp. 2000 untuk satu kali parkir. Suasana tempat parkir lumayan ramai karena memang masih suasana liburan kenaikan kelas anak sekolah, jadi mayoritas tempat parkirpun banyak dipenuhi oleh bus-bus dan mobil keluarga. Kami memarkirkan agak jauh dari kumpulan bus dan mobil, saya pilih dibawah sebuah pohon agar terhindar dari teriknya matahari.

Dengan rasa yang masih penasaran sayapun membayar tiket masuk yang hanya Rp. 22.000 per orang dan mulai memasuki lokasi wisata Purbasari. Oh iya hampir lupa saat membayar tiket kami mendapatkan Vocher tebus murah untuk merk beberapa minuman yang ada didalam lokasi wisata. Yah lumayan lah.

Purbasari Pancuran Mas Purbalingga
Purbasari Pancuran Mas (model: Rizal, dok pribadi)
Saat memasuki lokasi, renovasi sudah mulai terlihat. Kolam yang dulu kering sekarang sudah terisi penuh oleh ikan, gapura yang dulunya belum ada sekarang sudah berdiri kokoh dengan megahnya. Benar-benar berbeda.

Rasa takjubpun mulai menjalar, kami mulai menjelajah lokasi dengan mengikuti petunjuk jalur wisata yang sudah dipasang oleh petugas Purbasari. Perjalanan kami mulai dengan mengunjungi Aquarium Exotic yang banyak sekali berisi Ikan yang sebelumnya belum pernah sama sekali kami lihat. Kamipun menyempatkan diri untuk ber-swa foto dan mengabadikannya.

Suasana tenang dan dingin didalam Aquarium Exotic terasa sangat menenangkan jiwa, apalagi sambil memandang segala janis ikan koleksi dari Purbasari ini. Setelah puas melihat segala jenis ikan yang ada, kami melanjutkan menuju lokasi wisata lain yang ada di Purbasari aquarium ini. Bagi sobat yang berfikir bahwa hanya ada Aquarium saja, sobat keliru. Karena masih banyak wisata lain yang ada didalamnya.

Kami masih lanjut berjalan mengikuti petunjuk, dan petunjuk itupun membawa kami ke sebuah taman luas yang dilengkapi gazebo untuk pengunjung yang sedang berwisata bisa beristirahat sambil menikmati bekal yang meraka bawa atau bagi yang tidak mau repot, pengujungpun juga bisa memesan makanan yang ada di lokasi wisata ini.

Setelah beristirahat sejenak, kami pun mulai mejelajahi setiap sudut dari wisata Purbasari ini. Pertama kami mengunjungi Istana Burung. Disinilah pertama kalinya saya melihat Burung Merak yang mengembangkan ekornya. Sayapun tidak menyia-nyiakan moment ini dan sempat mengabadikannya melalui ponsel saya.

Purbasari Pancuran Mas Purbalingga
Burung Merak (dok pribadi)
Kami malangkahkan kaki dengan mengikuti arah petunjuk jalur wisata dan akhirnya kami pun menuju kebun buah naga, akan tetapi sayang buah naga kami pikir bisa dibawa pulang untuk buah tangan ternyata belum waktunya untuk berbuah. Yah sudahlah perjalanan pun kami lanjutkan kembali dengan melangkahkan kaki menuju kolam besar yang ada di tengah Purbasari ini. Kolam ini kalau saya bilang lebih mirip danau buatan karena sangat luas sehingga bisa untuk berwisisata air dengan menaiki kapal mini yang sudah disediakan. Dan ditengah danau buatan ini ada sebuah pulau kecil dengan beberapa burung merak dan angsa yang menambah cantiknya pulau kecil ini.

Oh iya bagi sobat yang belum tahu, Purbasari ini selain menonjolkan Aquarium dengan segala jenis ikan, juga tersedia wisata lain. Seperti yang sudah saya ceritakan diatas, Istana Burung, ada juga Teater 3D dan Waterboom. Nah.. disinilah menurut saya yang paling ramai dari lokasi lain karena memang saat kami berkunjung kali ini suasana masih liburan panjang anak sekolah jadi waterboom ini tersasa sangat penuh dan meriah.

Sebelum pulang kami sempatkan menuju wisata terakhir, Terapi Ikan. Disinilah kami menghabiskan waktu sedikit lama dibanding dilokasi yang lain. Awalnya memang sedikit ada rasa takut tetapi saya beranikan untuk mencobanya. Ternyata tidak terlalu menakutkan seperti yang saya kuatirkan. Hanya saja memang diawal ada rasa geli, tetapi lama kelamaan terbiasa juga. Saya tidak akan menceritakan manfaat dari terapi ikan yang ada di Wisata Purbasari ini, silahkan sobat bisa mencarinya sendiri di Google.

Setengah jam sudah saya duduk sambil menikmati terapi ikan, dan akhirnya kamipun memutuskan untuk pulang karena sudah mulai sore. Kamipun berjalan menuju tempat parkir. Suasana masih ramai, dan kami memacu motor Vario Merah kembali ke Purwokerto. Dengan perasaan masih senang karena bisa sejenak melupakan penat pekerjaan kami sempat membicarakan untuk mengunjungi wisata lain. Mungkin lebih jauh lagi boleh lah. 


Purbasari Pancuran Mas Purbalingga
Istana Burung (dok pribadi)

Purbasari Pancuran Mas Purbalingga
Purbasari Pancuran Mas (dok pribadi)

Purbasari Pancuran Mas Purbalingga
Aquarium Exotic (dok Pribadi)

Purbasari Pancuran Mas Purbalingga
Loket Purbasari (dok pribadi)

Purbasari Pancuran Mas Purbalingga
Salah satu Lokasi Foto (model: Rizal, dok pribadi)

Purbasari Pancuran Mas Purbalingga
Lokasi foto di Purbasari (model: Rizal, dok pribadi)

Purbasari Pancuran Mas Purbalingga
Lokasi di Istana Burung (dok pribadi)




Buka Komentar

Belum ada Komentar untuk "Menghabiskan Sisa Liburan Di Purbasari Pancuran Mas Purbalingga"

Posting Komentar

- Semua komentar akan dimoderasi, jadi tidak semua dipublikasikan
- Komentar menggunakan link aktif tidak akan di Moderasi
- Untuk mendapatkan pemberitahuan balasan dari Admin, silahkan centang Notife Me (Beri tahu saya)