Cara Membuat Recent Post (Artikel Terbaru) paling Ringan untuk Blog

Arti Recent Posts

Recent posts adalah suatu widget pelengkap dalam sebuah blog yang berisi beberapa artikel terbaru dari penulis blog atau admin Blog. Biasanya recent posts ditampilkan atau diletakan di bagian sidebar dari blog namun ada juga yang meletakannya dibagian Footer blog, tergantung dari template yang digunakan, karena memang ada beberapa template yang menyarankan untuk menampilkan recent posts di bagian itu.

Fungsi atau manfaat Recent Posts

Recent post berfungsi untuk membantu pengunjung menemukan artikel terbaru yang ditulis oleh admin blog. Karena menurut pengamatan saya kebanyakan orang yang mencari informasi melalui internet pasti akan mencari keyword yang dicarinya di mesin pencari. Dengan begitu landing dari halaman yang mereka tuju adalah halaman artikel bukan hompage dari blog. Maka dari itulah saya menyarankan untuk memasang widget Recent posts ini.

Sebenarnya pendapat saya diatas hanya berlaku untuk blog seperti Bocah Sihir ini, yang belum mempunyai otoritas tinggi sehingga orang akan mencari keyword dengan artikel yang mereka cari, alih-alih menggunakan nama domain blog.

Akan tetapi menurut beberapa orang, memasang Recents Posts tidak terlalu penting sehingga mereka lebih memilih untuk memasang popular posts. Memasang popular posts juga penting karena merupakan salah satu syarat agar diterima adsense (menurut saya). Semua tergantung dari pilihan pemilik blog. Atau bisa saja memasang keduanya.

Recent Posts bocahsihir.info

Cara Memasang Recent Posts

Karena blog saya menggunakan Template Viomagz maka saya akan menyarankan untuk menggunakan Widget Recent post yang sudah terbukti work pada template ini.

Pertama
Bagi yang ingin membuat kecepatan blog maksimal Saya menyarankan untuk menggunkan mode default atau tanpa menggunakan script. Caranya mudah, masuk ke Dasbor Blog anda dan Pilih Tata Latak. Lihat gambar

pilih Tata Letak, dan klik Tambah Gadget

Kemudian klik Tambah Gadget, pilih Feed

Masukan kode dibawah ini yang merupakan URL Feed dari artikel di blog anda.

http://alamatblog/feeds/posts/default

URL Feed untuk membuat Recent Posts

Keterangan: ganti warna biru yang saya tandai dengan alamat blog anda.
Terakhir klik Lanjut, dan simpan

Kedua
Sedikit menggunakan script, namun tetap ringan. Saya mencobanya pada template Viomagz 3.1 dan hasilnya work. Tampilannya pun sedikit lebih keren namun tetap simple dan elegan. Cara pemasangannya juga sama, tapi bukan diletakan pada bagian Feed akan tetapi diletakan pada HTML/JAVASCRIPT pada bagian Tambah Gadget
berikut script kodenya


<div class='artikel-terbaru'>
<script>
function artikelterbaru(e){document.write("<ul>");for(var t=0;t<e.feed.entry.length;t++){for(var r=0;r<e.feed.entry[t].link.length&&"alternate"!=e.feed.entry[t].link[r].rel;r++);var n="<li><a href="+("'"+e.feed.entry[t].link[r].href+"'")+'">'+e.feed.entry[t].title.$t+"</a> </li>";document.write(n)}document.write("</ul>")}
</script>
<script src="/feeds/posts/summary/?max-results=5&alt=json-in-script&callback=artikelterbaru"></script>
</div>

Keterangan: ganti warna biru yang saya tandai dengan jumlah Recent Posts yang akan ditampilkan. Terakhir Save, dan lihat hasilnya

Penutup
Ada banyak sekali script untuk membuat recents post namun saya menyarankan kedua cara diatas karena simple dan ringan. Jika ada cara lain untuk memasang recent post yang keren namun tetap ringan silahkan bisa berbagi dikolom komentar.

  

Buka Komentar

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Recent Post (Artikel Terbaru) paling Ringan untuk Blog"

Posting Komentar