Cara Menghasilkan Uang dari Blog selain Adsense

Konten [Tampil]
Google Adsense masih menjadi sosok Idola yang banyak diincar oleh para blogger indonesia, terbukti dari banyaknya posts di Grup Facebook Blogger Indonesia yang membahas mengenai hal tersebut, mulai dari cara agar diterima adsense, cara meningkatkan CPC, bahkan sampai menanyakan kebijakan adsense karena blog mereka ditolak, bukan hanya sekali tetapi berkali kali.

Memang jika berbicara mengenai adsense banyak orang yang masih berpikiran bahwa adsense merupakan penghasilan yang utama dari suatu blog, sehingga banyak yang berlomba-lomba untuk membuat blog yang mereka kelola agar diterima oleh program periklanan internet milik Google ini.

Tak bisa dipungkiri jika dibandingkan dengan program iklan internet lainnya, adsense merupakan program yang paling bonafit dan berpotensi paling besar jika dikelola dengan baik.

Baca: Menjadikan Hobi Sebagai Mata Pencaharian Berpenghasilan Besar

Sebenarnya menghasilkan uang dari blog bukan hanya diperoleh dari adsense saja, menurut beberapa blogger senior yang saya tahu (bloggodolar, cermati dan panduanim) menghasilkan uang dari blog bisa didapat dengan beberapa hal seperti,


Cara Menghasilkan Uang dari Blog selain Google Adsense


Menjual Product / Jasa yang dimiliki

Ini yang sering saya temui, bahkan saya pun mempraktekannya. Jika anda memiliki kemampuan dalam hal tertentu bisa juga memanfaatkan blog yang ada kelola untuk mempublikasikan jasa atau barang yang anda miliki. 

Itu sebabnya banyak sekali toko online yang ada di indonesia yang menjual banyak sekali barang-barang kebutuhan sehari-hari. Bahkan sampai pakaian, elektronik pun juga ada.

Lalu bagaimana cara menjual jasa?

Nah jika bertanya mengenai hal ini, saya bisa bertanya balik, apa kemampuan yang anda punya? Nah andaikan saja semisal anda sangat menyukai blogging, hal ini bisa dijadikan potensi usaha online loh. Lihat saja ada banyak sekali jasa pembuatan blog, jasa design blog, optimasi bahkan review product.

Mengikuti Lomba

Jika kemampuan menulis anda sudah diatas rata-rata (ciyeelah) bisa mengikuti beberapa lomba menulis di blog. Dalam lomba ini kita harus memenuhi syarat yang sudah ditentukan oleh panitia, misal tentang tema tertentu dengan panjang minimal 2500 kata. 

Kalau menurut saya pribadi mengikuti lomba agak sedikit berat (hahaha) karena untuk menulis saja saya masih belajar dan kurang PD (Percaya Diri), namun jika memang ingin mencari pengalaman dan melatih kemampuan menulis, dengan mengikuti lomba menulis blog selain jika menang akan menjadi masukan juga bisa melatih kemampuan dalam menulis.

Menyediakan slot iklan mandiri

Iklan mandiri adalah iklan yang anda kelola sendiri. Maksudnya adalah kita menyediakan slot kosong di blog yang akan disewakan kepada orang atau bahkan perusahaan tertentu untuk mengiklankan product atau jasanya. Nah bagi blog yang memiliki visitor yang sudah banyak, hal ini bisa dijadikan penghasilan yang menjanjikan. Karena jika dibandingkan dengan adsense yang mungkin bisa dicairkan dalam waktu sebulan, bahkan lebih dengan slot iklan mandiri ini anda bisa langsung berpenghasilan langsung tanpa harus menunggu. Anda bisa bernegosiasi dengan calon klien anda mengenai tarifnya, tentu saja dengan pertimbangan jumlah visitor yang ada dan mungkin bisa dibandingkan dengan faktor lainnya juga.

Drop Shipping

Berbeda dengan point pertama yaitu menjual product atau jasa sendiri, drop shipping adalah istilah untuk menjualkan barang atau produtc milik orang lain. Dengan cara ini kita bisa mengambil keuntungan dari harga pokok. Misalnya product kosmetik yang kita jualkan seharga Rp. 50.000, kita bisa menjualnya dengan harga Rp. 65.000, berarti skita sudah utung Rp. 15.000. barulah setelah uang anda terima dan mengirimkan harga pokok ke pihak drop shipping mintalah ke pihak drop shipping untuk mengirimkan product yang dibeli kepada pembeli.

Menjadi Pembicara Seminar

Menjadi pembicara dalam seminar yang berkaitan dengan blog atau hal lainnya bisa menjadikan penghasilan tersendiri bagi anda. Misalnya tema blog anda adalah pendidikan, maka anda bisa menjadi pembicara dengan tema yang sama dengan niche blog anda. Anda bisa membagikan apa yang ada ketahui secara langsung dalam seminar ini.

Untuk berapa nominal honor yang didapat, tergantung dari seberapa benyak pengalaman dan ketenaran anda (hehehe LOL)

Membuat Member Premium dan Mengadakan Event

Hal ini juga bisa menjadikan penghasilan yang lumayan besar jika anda adalah blogger proffesional. Anda bisa mengundang member dan mengadakan event seperti seminar sendiri dengan biaya pendaftaran yang anda bisa atur sendiri, tentu saja hal hal ini tergantung dari sponsor yang ada.

Baca : Cara Investasi Blog untuk Mendapatkan Uang

Kesimpulan
Ada banyak cara untuk menghasilkan uang dari blog selain adsense. Yang terpenting adalah meningkatkan konten yang ada. Dengan kualitas maka point-point diatas akan mudah untuk didapat

 

Buka Komentar

Belum ada Komentar untuk "Cara Menghasilkan Uang dari Blog selain Adsense"

Posting Komentar

- Semua komentar akan dimoderasi, jadi tidak semua dipublikasikan
- Komentar menggunakan link aktif tidak akan di Moderasi
- Untuk mendapatkan pemberitahuan balasan dari Admin, silahkan centang Notife Me (Beri tahu saya)