Mengisi Waktu Liburan dengan Berlibur Ke Sanggaluri Park

Matahari masih memancarkan sinarnya yang sangat menyengat, yah saat saya menulis tulisan ini saya masih bisa merasakan teriknya sinar matahari, padahal hari sudah mulai sore namun tidak menghalangi saya dalam menulis didalam kamar yang hanya berukuran 4x4 meter persegi. Didalam kamar kost inilah saya menghabiskan waktu libur dari pekerjaan dengan menulis entah tulisan apa setelah selesai bercibaku dengan cucian yang menggunung.

Sebenarnya saya meminta kepada perusahaan tempat saya bekerja untuk libur 2 hari, dan alhamdulillah disetujui, rencananya saya ingin beristirahat total namun terbesit keinginan untuk traveling entah kemana. Sempat terbesit keinginan untuk liburan ke Jogja, hmmm tapi sebelumnya pun saya sudah 2 kali berkunjung ke Jogja. Yang pertama saat Perusahaan tempat saya bekerja mengadakan Tour Karyawan dan kebetulan tempat Destinasi yang dipilih adalah Jogja. Kami mengunjungi beberapa tempat saat itu, Kebun Binatang Gembira Loka, Candi Prambanan, dan Malioboro. Yang kedua saya sendiri bersama seorang teman berkunjung ke Jogja dengan tujuan untuk berbelanja perelengkapan parcel. Yah, saya dan kawan saya memang membuat usaha kecil-kecilan yaitu membuka Jasa Pembuatan Mahar dan Parcel Pernikahan. Alhamdulillah cukup untuk menambah uang jajan.

Kembali lagi ke pokok bahasan, dari beberapa Lokasi Wisata yang akan saya tuju akhirnya saya menentukan dan memantapkannya untuk mencoba mengunjungi Sanggaluri Park yang ada di Pubalingga. Kenapa saya memilih Lokasi Wisata disana? Alasannya sederhana yaitu Budget yang minim hahahaha LoL.

Saya dan Seorang teman memulai perjalanan menuju Lokasi Wisata Sanggaluri Park pukul 09.30, akan tetapi sebelumnya kami mengganti Ban motor yang sudah sangat tipis terlebih dahulu, yah agak lama memang tapi tak apalah daripada nanti dijalan kenapa-kenapa motornya malah lebih repot lagi. Perjalanan pagi itu akhirnya kami mulai pikul 10.30 dari Purwokerto. Kami sebenarnya belum tahu pasti Lokasi dari Sanggaluri Park ini, untung saja sekarang teknologi sudah canggih, yah kami menggunakan jasa dari Google Map, dan alhasil kami pun bisa menemukan lokasinya. Lokasi Wisata Sanggaluri ini tertetak di Desa Kutasari Purbalingga, dari Purwokerto kota bisa ditempuh kurang lebih satu jam perjalanan tergantung dari keramaian lalu lintas dan kecepatan dalam berkendara.

Sepanjang perjalanan kami membicarakan tentang Wisata Sanggaluri Park ini, yah karena sebelumnya kami sempat menonton vidio dari Youtube tentang objek wisata ini, panas teriknya cuaca saat itu tidak kami rasakan, kami tetap memacu motor menuju tempat tujuan yang sudah kami rencanakan itu.

(Pintu Masuk Sanggaluri Park, dok. pribadi)

Tak terasa satu jam berlalu dan sampailah kami di Sanggaluri Park, kami langsung saja menuju tempat parkir dan membeli tiket masuk. Cukup murah hanya dengan 15.000/orang kami bisa langsung memasuki Lokasi Wisata ini. Pintu masuk dihiasi dengan patung Bawor (salah satu tokoh pewayangan dari Punakawan) yang sangat besar dengan pintu masuk dibawahnya. Sangat terasa rindangnya pohon yang ada di Sanggaluri ini, apalagi dengan cuaca yang sangat terik siang itu, ah rasa-rasanya saya jadi ingin tidur siang saja hahaha LoL.

Ada banyak sekali wahana atau permainan yang ada di Sanggaluri Park ini, saya sangat merekomendasikan untuk anda yang mempunyai anak kecil, karena wisata ini sangat menonjolkan sisi Edukasi namun tetap nyaman untuk anak-anak bermain. Wisata ini pula bisa dijadikan wisata keluarga karena ada banyak sekali Gazebo yang disediakan pihak Sanggaluri untuk beristirahat atau hanya sekedar menyantap makan siang bersama keluarga. Jika anda belum lapar, bisa jalan-jalan bersama keluarga berkeliling Sanggaluri Park terlebih dahulu karena ada berbagai tempat yang bisa dijadikan pembelajaran bagi buah hati dan juga lokasi bermain, diantaranya
  • Trampolin Raksasa
  • Istana Boneka
  • Kereta Mini
  • Ayunan
  • Musium Uang
  • Musium Perangko
  • Koleksi Berbagai Serangga
  • Taman Reptil
  • Koleksi Berbagai Burung Elang
  • Terapi Ikan
  • Flaying Foks
  • Jetcoaster
  • Dan lain-lain

(Beberapa Lokasi Wahana Sanggaluri Park, dok. pribadi)

(Sanggaluri Park, dok. pribadi)

(Burung Rangkong, dok. pribadi)

(Burung Kasuari, dok. pribadi)

(Burung Elang sedang memangsa Ikan Lele, dok. pribadi)

(Istana Boneka, dok. pribadi)

(Area Taman Sanggaluri Park, dok. pribadi)

(Jenis Kupu-kupu di Indonesia, dok. pribadi)


Setelah berkeliling Sanggaluri Park, saya dan seorang temanpun duduk di salah satu Gazebo, kami pun ngobrol ngalor-ngidul, dan pada akhirnya kami berbicara mengenai Sanggaluri Park ini. Sebenarnya Wisata ini sangat bagus untuk berwisata bersama keluarga, akan tetapi sangat disayangkan dibeberapa spot yang seharusnya menjadi pusat atau titik yang paling menarik dari tempat ini sudah mengalami kerusakan, yah memang tidak fatal dan tidak banyak akan tetapi bagi saya selaku pengunjung sedikit merasa kalau saja segera dibenahi pasti akan sangat menarik, ini akan menjadi saran yang baik untuk pihak pengelola Sanggaluri Park.S

Setelah ngobrol cukup lama, kamipun mmemutuskan untuk menyudahi kunjungan di Sanggaluri Park dan bergegas menuju pintu keluar. Cuaca saat itu sedikit mendung, kami tidak mau kalau harus kehujanan saat perjalanan pulang. Setengah perjalalan, perut kami mulai menggeliat dan menuntut untuk segera di isi, terpaksa kamipun berhenti sejenak untuk makan siang. Saat itu jam sudah menunjukan pukul 14.30 waktu Purbalingga. Dengan lahapnya kami menyantap Ikan Bawal Goreng dan sepotong Ayam Bakar yang sudah kami pesan dan menghabiskannya. Perut sudah terisi, kami pun memacu motor Vario dengan kecepatan sedang kembali ke Purwokerto. Dalam benak saya berfikir, untuk mengunjungi Lokasi Wisata lain yang ada di Purbalingga, mungkin Goa Lawa seru juga.
Buka Komentar

Belum ada Komentar untuk "Mengisi Waktu Liburan dengan Berlibur Ke Sanggaluri Park"

Posting Komentar