Arti Retur, Penyebab dan Cara Mencegahnya

Konten [Tampil]

Apa itu Retur?

Bagi anda bekerja didunia ritel istilah retur pasti tidak asing ditelinga anda. Yah, Retur adalah proses dikembalikannya barang kepada supplier karena alasan tertentu. Proses ini adalah babarapa istilah penting dalam dunia ritel. Jadi bagi anda yang sekarang sedang menempuh pendidikan, apalagi mengambil jurusan pemasaran atau bagi anda yang berniat melamar pekerjaan di supermarket istilah retur perlu diketahui.

arti retur, penyebab dan cara mencegahnya

Penyebab Terjadinya Retur

Barang Cacat

Siapa yang mau menerima barang cacat apalagi jika barang tersebut akan dijual kembali, pasti tidak ada yang mau kan? Nah jika anda bekerja di dunia ritel atau mempunyai usaha sendiri dalam bidang ritel, telitilah saat menerima barang dan selalu cek sebelum anda jual kembali.

Barang Tidak Sesuai Permintaaan (order)

Dalam beberapa kasus hal ini sering terjadi. Bisa dikarenakan karena terjadi salah paham antara pihak peminta barang dan pihak supplier. Jika hal ini terjadi, segeralah berkoordinasi dengan pihak terkait tentang apa yang akan dilakukan dengan barang tersebut. Jika memang berpotensi untuk terjual, maka barang tersebut bisa diterima. Namun jika tidak atau memiliki stock yang over, maka bisa dikembalikan.

Barang Kadaluarsa atau Expired

Jika anda memiliki sebuah toko apalagi berang yang dijual merupakan kebutuhan pangan, hal ini patut untuk menjadi perhatian. Sering-seringlah mengecek barang yang dijual, karena jika sampai terbeli oleh konsumen dan tidak sengaja termakan hal ini akan berakibat fatal.

Pemotongan Tagihan atau Hutang

Dalah kasus ini terjadi pada barang yang tidak dibayar secara cash dalam artian barang masih hutang kepada supplier dan akan dibayarkan setelah barang terjual. Akan tetapi jika ternyata barang kurang laku maka barang yang ada bisa dikembalikan ke supplier dengan tujuan untuk memotong tagihan hutang kepada supplier. Hal ini sangat sering terjadi apalagi barang itu adalah pakaian atau fashion yang notabennya musiman.

Cara Mencegah Retur

Sebenarnya jika barang yang dijual adalah barang pangan, pastinya pengoptimalan jual adalah hal utama yang harus dilakukan namun jika barang yang dijual adalah kebutuhan fashion ada 2 hal tambahan yang harus dilakukan

  • Pengoptimalan display agar menarik konsumen
  • Rotasi atau pemutaran display sehingga konsumen tidak bosan

Kesimpulan
Retur adalah salah satu administrasi yang harus dikerjakan secara teliti, sehingga tidak akan membuat kerugian bagi perusahaan terutama yang bergerak dalam bidang ritel. Selalu perhatikan poin-poin penting sehingga perusahaan bisa berjalan lancar dan bisa tercapai target yang sudah ditentukan.
Buka Komentar

Belum ada Komentar untuk "Arti Retur, Penyebab dan Cara Mencegahnya"

Posting Komentar

- Semua komentar akan dimoderasi, jadi tidak semua dipublikasikan
- Komentar menggunakan link aktif tidak akan di Moderasi
- Untuk mendapatkan pemberitahuan balasan dari Admin, silahkan centang Notife Me (Beri tahu saya)