Contoh Karangan Bebas untuk Tugas Sekolah

Salah satu tugas yang sering kali dijadikan penilaian oleh Guru Bahasa Indonesia dalam menilai kreativitas seorang murid adalah dengan membuat karangan bebas. Menurut pengalaman saya biasanya tema yang diambil kebanyakan adalah Liburan. Berikut ini Contoh Tugas Karangan Bebas untuk SMP yang bisa dimuat ke dalam 4 lembar kertas ukuran F4 dengan tema Liburan.

contoh karangan bebas untuk tugas sekolah

Contoh Karangan Bebas Untuk Anak Sekolah dengan Tema Liburan


    Jakarta…..begitu dengar nama kota ini saya hanya bisa tersenyum mengagumi keagungan Tuhan akan karya cipta-Nya yang begitu indah dan menakjubkan.

    Pertama kalinya saya menginjakan kaki di kota Jakarta yang dikenal dengan nama kota metropolitan ini saat saya bersama keluarga ada ibu dan saudara-saudara saya saat liburan tahun baru, tapi sayang sekali kakak saya tidak bisa ikut karena masih sibuk dengan urusan kuliahnya.

    Saat itu Ibu dan saudara dekat saya bersepakat menggunakan travel untuk pergi liburan ke Jakarta dengan bekal yang sempat membuat kita repot karena sangat banyak, ada minuman, makanan ringan, pakaian ganti, dan masih banyak lagi yang lain.

    Cuaca yang panas dan cerah waktu itu membuat saya lebih bersemangat menyambut liburan kali ini, karena liburan ke Jakarta sudah lama saya impikan.

    Pukul 06.30 WIB kita berangkat dari rumah dengan dengan harapan tidak ada macet dijalan dan halangan yang lain sehingga sekitar jam 12.00 WIB kita bisa sampai di hotel, dan ternyata benar semua berjalan lancar.

    Pemandangan yang begitu indah saya bisa nikmati disetiap sudut kota yang kami lewati selama perjalanan ke Jakarta, banyak sekali hal-hal yang baru pernah saya lihat diperjalanan kali ini.

    Saya bisa lihat bentangan sawah dan hutan yang begitu luas dan sejuk, gedung-gedung tinggi yang tidak tahu berapa meter tingginya dan masih banyak lagi.

    Sesampainya di hotel kita istirahat dulu sebelum kita menikmati kota Jakarta, waah…rasanya sudah tidak sabar menikmati keindahan kota Jakarta yang banyak orang bilang banyak tempat-tempat yang menyenangkan.

    Baru sore harinya kami keluar penginapan untuk jalan-jalan dekat penginapan saja sambil mencari makanan untuk makan malam.

    Ternyata banyak sekali makanan yang dijual disekitar hotel yang katanya khas makanan Jakarta, waktu itu Ibu beli nasi uduk..nasi uduk ini nasi yang rasanya gurih karena dicampur dengan santan ditambah dengan bihun, ayam dan kerupuk…uuh enak banget loh.

    Selain nasi uduk di Jakarta juga ada nasi ulam juga loh, sebenarnya nasi ulam lebih mirip dengan nasi campur dengan aneka lauk yang bisa dipilih

    Ketoprak? Pertama kali saya dengar kata ini dikira bukan makanan eh ternyata makanan yang bentuknya seperti gado-gado, ada juga kerak telor, soto betawi dan masih banyak yang lain, waah sampai bingung nih milihnya.

    Setelah kami menghabiskan waktu jalan-jalan kita yang ternyata sampai malam saatnya kita istirahat sebelum besok melanjutkan liburan menjelajah ke wahana wisata jakarta…sudah tidak sabar rasanya.

    Malam berlalu dengan lelap kami beristirahat karena rasa lelah juga diperjalanan sehingga tidak terasa matahari sudah menyinari kaca kamar hotel…taraaaa selamat pagi….segar rasanya membuka jendela kamar hotel bisa menghirup udara pagi yang indah.

    Setelah beres-beres kamar kami bergegas mandi dan bersiap-siap untuk sarapan yang sudah disediakan hotel, ternyata suasana hotel ramai juga loh pagi-pagi pas sarapan.

    Saya kurang paham dari mana saja mereka, tapi banyak juga loh turis-turis yang menginap di hotel ini.

    Selesai sarapan kami bersiap-siap untuk menikmati liburan, mobil avanza warna silver yang kita sewa ternyata sudah siap menjemput kita di hotel. Mengapa kita menyewa mobil rental? Karena biar lebih cepat dan lebih nyaman dari lokasi yang satu ke lokasi yang lain daripada menggunakan kendaraan umum.

    Rasa penasaran terus berkecamuk di hati saya, sebenarnya ada apa si di Jakarta? Penasaran banget nih….

    Mobil rental sudah mulai berjalan menyusuri jalan di kota Jakarta…saya tidak tahu nama jalan apa saja yang kita lewati karena saya terlalu bengong melihat gedung-gedung pencakar langit yang menjulang tinggi.

    Tujuan pertama kami pagi ini adalah lokawisata Seaworld….ada apa saja ya di seaworld, itu pertanyaan yanga ada dalam hatiku saat itu.

    Macetnya kota Jakarta dapat saya rasakan waktu itu, sempet diledekin sama Ibu juga karena mukaku yang cemberut akibat macet ini, untungnya tidak lama macetnya jadinya tidak banyak waktu terbuang, lega juga…

    Sambil tengok kanan dan kiri saya menikmati kota Jakarta pagi itu selama perjalanan, dan tidak sampai satu jam ternyata mobil kita sudah sampai tempat parkir di wahana wisata seaword.

    Decak kagum tidak terkira waktu itu walaupun cuaca sedikit mulai panas, banyak wisatawan saya lihat di tempat ini baik dari dalam maupun luar negeri.

    Saya berjalan dengan penuh semangat untuk melihat beraneka macam ikan-ikan lucu yang begitu beragam.

    Konon area seaworld ini memiliki area sekitar 3 hektar dan memiliki berbagai macam akuarium…waaah luas sekali ya

    Disini akuarium berukuran besar menghiasi dinding-dinding dengan aneka macam ikan yang besar-besar, tapi jangan khawatir karena akuarium sudah dilengkapi dengan kaca yang cukup tebal dengan informasi data ikan yang menempel di pojok akuarium sehingga dapat menambah wawasan.

    Selain melihat ikan, saya juga dapat melihat binatang-binatang laut yang lain secara dekat loh sekalian berselfie, selanjutnya kita memasuki lorong akuarium yang luas yang disebut lorong Antasena..masih banyak deh yang membuat saya betah disini.

    Waktu itu matahari bersinar cukup menyengat, setelah puas menikmati wahana seaworld kita melanjutkan perjalanan ke wahana wisata yang sangat terkenal di kota Jakarta yaitu Dunia Fantasi (dufan) dan Ancol.

    Sampai di Ancol kita di sambut dengan angin yang sepoi-sepoi, suasana pantai yang begitu ramai ada yang bermain air, bermain pasir tetapi saya lebih memilih jalan-jalan saja di tepi pantai sambil mencari restoran cepat saji karena waktu itu waktunya makan siang.

    Setelah makan siang saatnya kita uji nyali di wahana Dunia Fantasi (dufan)..eitss tak perlu takut disini selain wahana yang cukup mengerikan seperti histeria yang banyak disukai anak-anak muda, ada juga loh wahana yang bersifat santai.

    Di Dunia Fantasi ini banyak wahana yang bisa dinikmati loh, saya bingung antara takut sama penasaran pingin mencoba. Diantaranya Fantasi Yunani yang berisi kereta halilintar, waah penasaran dong, akhirnya saya dan ibu saya naik kereta ini. Satu rangkaian kereta ini berisi 24 penumpang, dan kereta ini meluncur dengan rel yang berliku seperti ular, medan yang tinggi dan terjun…waaaawwww, sampai shok saya waktu itu, perasaan campur aduk dan bikin pusing..tapi puas

    Di Dufan juga ada wahana bianglala yang berbentuk seperti kincir, wahana ini lebih banyak dinikmati wisatawan karena santai dan menghibur bisa melihat kota Jakarta dari ketinggian.

    Ada juga Istana boneka….senang sekali saya ke wahana ini, karena saya suka boneka, disini ada sekitar 600 boneka, udah ruangannya dingin ber AC, dindingnya warnanya cantik.

    Di istana  boneka pengunjung dapat menggunakan perahu yang disediakan untuk dapat melihat bonaka-boneka yang imut dan lucu-lucu banget. Dan lucunya lagi boneka disini dilengkapi dengan kostum-kostum tradisional dari aneka budaya, bonekanya bisa menari bisa menyanyi lucu banget deh…

    Ternyata banyak sekali wahana yang bisa dinikmati di dufan tapi sayang saya tidak bisa menikmati satu persatu, mungkin lain kali ya bisa ke sini lagi. Saya masih penasaran dengan wahana Turangga, Happy Feet, Tornado juga gajah bledug.

    Kata Ibu kalau liburan jangan hanya mainan saja yang dinomor satukan tapi juga harus mengunjungi wahana yang beredukasi jadi saya nurut saja deh…dan kai ini kita akan meluncur ke wisata planetarium.

    Huuft cuaca yang panas membuat kita harus banyak minum biar tetap segar…akhirnya sampai juga nih di planetarium.

    Disini seru juga loh…kita akan diajak menjelajahi ruang angkasa dengan taburan bintang dan planet mirip sekali dengan apa yang saya pelajari di sekolah,

    Setelah puas di Planetarium saatnya kita bersantai di kebun binatang ragunan..Kebun bintang ini terletak di kawasan pasar minggu, banyak sekali beraneka hewan dari berbagai macam species

    Selain ragam satwa disini juga ada hutan tropisnya loh..banyak sekali koleksi tumbuhan, ada juga taman refleksi, taman satwa anak dan sarana rekreasi yang menyenangkan.

    Oya.. jangan lupa ya foto bareng gajah dan onta yang sudah jinak, seru loh

    Capek juga nih jalan-jalan kota kota di Jakartaseharian  tapi semua dapat terbayar dengan wahana-wahana yang membuat saya puas.

    Sudah cukup sore juga waktu itu tapi masih ada waktu si buat menghabiskan waktu sampai cek out nanti malam dari hotel..saatnya wahana terakhir kita akan menuju ke Snowbay Watertainment di Taman mini indonesia Indah (TMII).

    Di sini konsepnya bangus banget loh,,disekelilingnya terdapat background pegunungan salju buatan, bisa membuat suasana menjadi sejuk dan dingin.

    Ada permainan Tube coaster dengan ketinggian 14 meter, Snowbay beach dengan design pantai yang berombak, ada kolam arus, Kiddy area khusus untuk anak-anak dan juga foodcourt untuk kita makan-makan,

    Seharian dari pagi sampai menjelang maghrib saya dan keluarga muter-muter kota Jakarta, ada rasa lelah, ada rasa puas, tapi juga ada rasa belum mau pulang hee..

    Tapi sayang liburan kali ini sudah selesai..Ibu sudah ngajak pulang berarti waktunya kami sekeluarga untuk beres-beres perlangkapan di hotel dan nanti malam harus chekout dari hotel.

    Selamat tinggal Jakarta…saya pasti kangen sama kamu..semoga suatu saaat nanti saya dan keluarga bisa berlibur lagi ke kota jakarta ini, bisa menikmati wahana-wahana yang belum sempat saya nikmati.

    Mobil rental berjalan menuju hotel tempat kami menginap, sesampai hotel langsung mandi dan merebahkan diri di tempat tidur,,rasanya puaas sekali hari ini.

    Baru sedikit mengingat kejadian-kejadian liburan tadi siang tiba-tiba ibu sudah memanggil untuk segera siap-siap checkout.

    Lagi-lagi pulangnya kami naik travel, ada rasa mengantuk, ada rasa lelah tapi mata ini tidak mau terpejam

    Mata ini tidak mau melewatkan sedikit saja suasana perjalanan pulang menikmati setiap jalan dan setiap kota yang terlewati, terbersit janji di hatiku untuk dapat berlibur lagi ke kota Jakarta yang begitu mengesankan.

    Pikiranku melayang kira-kira kapan lagi ya ibu mengajak liburan seperti ini lagi?

    Perjalanan pulang semakin menjauh dari kota Jakarta yang artinya semakin mendekati ke rumah sendiri, mudah-mudahan tidak ada halangan dan lancar sampai rumah.

    Ini sepenggal cerita liburanku di kota Jakarta, buat teman-teman yang belum pernah ke sana buruan dijadwalkan ke sana ya..terima kasih

Nah bagi anda yang sedang mencari Contoh Karangan Bebas untuk Tugas Sekolah terutama SMP, contoh diatas bisa dijadikan Reverensi. Semoga bermanfaat








Belum ada Komentar untuk "Contoh Karangan Bebas untuk Tugas Sekolah"

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda, and please don't use anonymously