Cara Menghapus Artikel di Google Search

Cara Menghapus Artikel melalui Google Webmaster


Menghapus URL yang sudah terlanjur terindex di Google merupakan hal yang sudah biasa bagi Seorang Narablog. Biasanya penyebabnya adalah postingan yang dikembalikan ke “draft” atau pemilik blog menghapus artikelnya karena alasan tertentu.

Dengan mengembalikan artikel ke “draft” atau menghapus artikel pada blog akan menimbulkan masalah perayapan yang dilakukan oleh Crawler Google. Akibat lainnya akan menyebabkan jika pengunjung blog menemukan artikel anda di mesin pencari Google dan meng-klik-nya maka halaman yang ditampilkan akan Error 404. Efek terburuknya selain membuat mesin Google “berprasangka buruk” terhadap Blog anda, akan membuat pengunjung blog yang kebetulan menemukan artikel Error akan malas dan tidak akan mengunjungi blog Anda lagi.

Jujur saja saya juga sering kali mengalami hal yang serupa. Karena ada beberapa artikel yang ada di Blog Bocah Sihir ini saya hapus karena alasan tertentu yang tidak bisa saya jelaskan disini.

Namun saya bisa menjelaskan disini agar artikel yang sudah terindex di Google dihapus dan tidak akan menyebabkan masalah-masalah yang sudah saya sebutkan diatas.


Langkah pertama masuk ke Google Webmaster Anda. Pilih Index Google dan klik Hapus URL

Langkah kedua klik Sembunyikan Sementara dan masukan URL yang akan dihapus dari mesin pencari Google.

Langkah ketiga pilih Hapus URL dari Situs untuk sementara waktu hapus dari penelusuran.

Langkah terakhir kirim permintaan.

Proses penghapusan URL memerlukan waktu yang variatif. Menurut pengalaman saya, URL yang telah dikirimkan untuk dihapus dari mesin pencari Google baru akan benar-benar hilang setelah satu minggu atau lebih. Jadi bersabarlah
Buka Komentar

Belum ada Komentar untuk "Cara Menghapus Artikel di Google Search"

Posting Komentar

- Semua komentar akan dimoderasi, jadi tidak semua dipublikasikan
- Komentar menggunakan link aktif tidak akan di Moderasi
- Untuk mendapatkan pemberitahuan balasan dari Admin, silahkan centang Notife Me (Beri tahu saya)