Orang Orang Yang Berjasa Dibalik Suksesnya Sebuah Station Radio

Orang Orang Yang Berjasa Dibalik Suksesnya Sebuah Station Radio 

Masih pengen jadi seorang Penyiar/Announcer? Pas banget kamu gabung di blog ini

Setelah beberapa waktu yang lalu kita bahas tentang Cara Menjadi Seorang Penyiar/Announcer dengan mendalami masalah prepare sebelum On Air dan mengenal peralatan/piranti apa saja yang ada di sebuah Studio Radio, nah kali ini kamu akan kita ajak untuk mengenal terlebih dahulu tentang siapa saja/bagian apa saja yang bekerja di sebuah Radio selain Penyiar.

Penasaran kan….ternyata banyak juga orang/bagian yang mendukung sebuah siaran di radio yang bekerja di belakang layar sehingga seorang Penyiar dapat On Air sesuai dead line dan format yang diberlakukan..mereka itu adalah :

Cara Menjadi Penyiar Radio, Station Radio, Radio Indonesia, Tips Menjadi Penyiar, Broadcast,

Owner/Direktur

Dari katanya saja sudah bisa ditebak ya kalau Owner adalah pemilik, bener banget kalau Owner adalah pemilik sebuah Station Radio yang biasanya merangkap sebagai seorang direktur.

Mereka ini biasanya bertugas mengatur sebuah Station Radio secara garis besar dan juga sebagai penopang dana.

Station Manager

Seorang Manager atau kepala sebuah Station Radio akan bertugas mengatur semua yang ada di sebuah Station Radio.

Dari mengelola Iklan dan jam tayangnya, Produksi Iklan, mengatur jadwal siaran Penyiar, menggantikan siaran apabila Penyiar berhalangan dan tidak ada yang menggantikan, melakukan negosiasi dengan klien dan bertanggung jawab tentang kelangkapan dan perlengkapan di station radio.

Seorang Station Manager juga bertanggung jawab terhadap kualitas siaran dari seorang penyiar, makanya biasanya apabila seorang penyiar sedang On Air sering kali tanpa diduga dimonitor sama station manager.

Dan kalau ada kesalahan sedikit saja pas siaran…..kena deh langsung dipanggil diceramahin hehe

Script writer

Ini adalah seorang yang bertugas mencari data berita sekaligus menulis scriptnya untuk penyiar sebagai bahan siaran.
Tetapi kebanyakan station radio, seorang script writer ini di rangkap dan ditugaskan ke penyiar
Haaaa…double job nih

Administrasi

Dari istilahnya saja bisa kita baca kalau yang pegang bagian ini adalah seorang yang bertugas mengatur pembukuan dan administrasi, baik mengenai pemasukan dan pengeluaran keuangan, membuat laporan keuangan untuk station manager dan owner, membuat laporan jam tayang iklan untuk klien sebagai pertanggungjawaban pemasangan iklan, mengatur gaji/fee karyawan dan lain lain

Merchandiser/Redaktur

Ini adalah bagian yang bertugas mengutak utik internet untuk keperluan kerjasama musik dan lagu yang lagi trend biar ga ketinggalan dong…biasanya banyak kerjasama yang dibuat baik dengan label musik maupun dengan station radio lain.

Selain itu juga bagian ini bertugas mencari lagu-lagu dari internet sesuai format lagu di station radio tersebut.

Contoh nih…radionya bertemakan oldies, maka seorang merchandiser bertugas mencari dan melengkapi semua jenis musik oldies dari berbagai penjuru.

Mereka juga sekaligus bertugas mengedit lagu yang baru di dapat dari kerusakan serta mengedit lagu biar saat diputar langsung pas..hee bingung yah?

Gini nih…biasanya lagu yang baru kita download kan terkadang ada yang ngadat ditengah atau kadang ada yang di play ga bunyi-bunyi atau bahkan pas lagu selesai masih aja muter alias endingnya kelamaan hehe.

Nah maka lagu type beginian yang harus di edit biar saat penyiar play sudah ready.
Tapi….biasanya bagian ini juga di rapel sama Administrasi atau Station Manager

Reporter

Mereka bertugas meliput kejadian-kejadian atau event-event yang lagi in atau tranding topic di area jangkauan sinyal radio..biasanya mereka juga bertugas saat radio kedatangan tamu untuk On Air seperti mengundang artis atau pejabat-pejabat untuk keperluan Talk Show

Marketing

Naaah ini dia ujung tombaknya, kenapa? Karena tanpa mereka sebuah Station Radio ga bisa dapet iklan, walaupun terkadang ada klien iklan yang sengaja datang ke Station Radio untuk pasang iklan.

Mereka bertugas di lapangan untuk mencari klien biar dapat memasang iklan di radio kita
Biasanya mereka dibekali dengan sebuah presentasi baik dalam bentuk proposal maupun video yang menggambarkan radio kita.

Penyiar

Mereka adalah seorang yang berada di garis depan sebuah Radio, karena dari mereka sebuah Station Radio dapat dinikmati oleh masyarakat.

Mereka bertugas membawakan sebuah acara yang dilengkapi dengan berita, musik, maupun iklan.

Terkadang mereka juga harus membacakan edlips/iklan yang harus dibacakan saat siaran, atau sebuah iklan layanan masyarakat.

Selain itu penyiar juga bertugas memproduksi iklan yang biasanya bekerja sama dengan penyiar lain atau duet dengan station manager, lucu juga si karena terkadang kita harus memperankan sebuah karakter dalam produksi iklan.

Office boy

Heee…ini adalah bagian yang penting juga loh karena tanpa mereka ruangan jadi kotor penuh debu,dan bisa disuruh-suruh juga nih
Pokoknya tanpa mereka kita kita bukan apa-apa deh…..heee lebay yah

Nah itu dia gengs mereka-mereka orang yang bertugas di sebuah Station Radio, walaupun beda Station Radio beda juga istilahnya tapi secara garis besar sama ko fungsinya.

Sampai ketemu lagi di artikel berikutnya ya gengs masih seputar Station Radio…penasaran?penasaran? Sabar..ikuti terus blog Bocah Sihir ini…terima kasih


Buka Komentar

Belum ada Komentar untuk "Orang Orang Yang Berjasa Dibalik Suksesnya Sebuah Station Radio"

Posting Komentar