Cara Pindah Faskes BPJS Kesehatan

Konten [Tampil]

Cara Pindah Faskes BPJS Kesehatan

Faskes adalah kependekan dari Fasilitas Kesehatan. Saat mendegar kata Faskes, yang pertama kali terfikirkan adalah BPJS. Yah, sebagai pengguna BPJS kesehatan Faskes I adalah tempat pertama yang harus didatangi saat Anda akan berobat, faskes I biasanya adalah meliputi Puskesmas, Dokter Umum dan Dokter Keluarga yang bekerja sama dengan BPJS.
Sementara Faskes II adalah rumah sakit atau dokter spesialis rujukan yang ditunjuk dari Faskes I atau diminta dari pasien Faskes I untuk pengobatan lebih lanjut dikarenakan di Faskes I tidak mampu menangani penyakitnya.


Cara Pindah Faskes BPJS Kesehatan

Bagaimana cara pindah Faskes?

Bebarapa waktu yang lalu, saat saya pindah Faskes sempat dibuat bingung sih dengan banyaknya saran dari temen-temen yang mengatakan berbagai hal seputar perpindahan Faskes BPJS.
Dari yang katanya ribed lah, yang katanya harus pindah domisili lah dan lain lain
Oya..saya kan pengguna BPJS Kesehatan dengan Faskes I di kota Purbalingga Jawa Tengah, tapi karena tuntutan pekerjaan jadinya saya pengin pindah Faskes ke kota Purwokerto dimana saya bekerja.
Biar kalau sakit dan berobat ga jauh gitu deh.

Dalam artikel kali ini saya akan sedikit berbagi ketika saya mengurus kepindahan Faskes dari Faskes di Kota Purbalingga menjadi Faskes di Kota Purwokerto. Caranya luamayan mudah karena tidak memerlukan waktu yang banyak seperti saat Klaim Kacamata dengan BPJS

Yang pertama pastinya adalah datang ke kantor BPJS Kesehatan di kota Anda, nah karena saya di Purwokerto saya dateng ke BPJS Kesehatan Purwokero yang beralamat di Jalan Jenderal Sudirman No. 925 Berkoh Purwokerto.

Kedua ambilah nomor antrean yang ada di Kantor BPJS, dan setelah dipanggil oleh petugas segeralah mengutarakan tujuan anda. Apakah harus mengisi data-data? Jawabnnya tidak. Sesuai pengalaman saya, saya hanya ditanya keperluan dan diberi tahu list dari Faskes yang kan dipilih. Nah karena saat itu saya masih mengikuti BPJS Kesehatan Non-PBI jadi hanya bisa pindah ke Faskes Pemerintah saja (contoh; Puskesmas).

Saya juga sempat nanya-nanya sama petugasnya, mengenai prosedur Pindah Faskes BPJS. BPJS Kesehatan boleh dipindah Faskes lagi jika sudah 3 bulan. Artinya jika Anda pengin pindah Faskes lagi, harus menunggu 3 bulan dari tanggal saat Anda mengganti Faskes.

Nah itu saja yang bisa saya share kali ini tentang Cara Mengganti Faskes BPJS Kesehatan, Semoga Bermanfaat
Buka Komentar

Belum ada Komentar untuk "Cara Pindah Faskes BPJS Kesehatan"

Posting Komentar

- Semua komentar akan dimoderasi, jadi tidak semua dipublikasikan
- Komentar menggunakan link aktif tidak akan di Moderasi
- Untuk mendapatkan pemberitahuan balasan dari Admin, silahkan centang Notife Me (Beri tahu saya)