Cara Belajar Menjadi Seorang Penyiar (Announcer)

Cara Belajar Menjadi Seorang Penyiar (Announcer)

Kalian yang suka cas cis cus tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah penyiar atau DJ atau announcer dan istilah sejenisnya.

Nah buat kalian yang demen dan suka banget dengerin Radio khususnya atau bahkan kalian yang berambisi untuk menjadi seorang Penyiar yang notabene banyak fans dan digandrungi penggemar layaknya artis tentunya tidak segampang itu, kalian harus punya skill atau keahlian dan kemampuan berbicara yang baik dan benar serta mempu berkomunikasi dengan baik.

Tidak hanya hal itu pengetahuan umum dan pengetahuan seputar musik juga menjadi hal yang penting untuk dikuasai seorang penyiar biar acara yang dibawakan tidak terkesan garing dan lebih berbobot.


cara menjadi penyiar radio

Apa saja sih yang ada di Studio sebuah Radio?

Sebuah Station Radio bisa mengudara tentunya karena banyak piranti yang digunakan diantaranya:

1. Pemancar

Pemancar dipakai untuk memancarkan hasil siaran dari studio ke berbagai penjuru sehingga bisa kita nikmati suara dan siarannya

2.  Sound system di studio

Sound system ini meliputi microfon, amplifier, mixer, komputer dan lain lain
Microfon dipakai penyiar untuk berbicara, mixer dipakai penyiar untuk mengatur volume musik dan Microfon sehingga tidak bertumpuk dan enak di dengarkan.
Sementara Komputer berfungsi untuk menyimpan data bahan siaran, lagu dan program musik yang dipakai untuk siaran.

Seorang penyiar harus pinter-pinter menggunakan sound system ini khususnya mixer dan aplikasi lagu yang dipakai biar dapat terdengar sinkron antara vocal dan musik/lagu.

Apa yang dikerjakan Penyiar?

Seorang Penyiar harus mempersiapkan bahan siaran/tema siaran sebelum On Air agar saat siaran tidak kebingungan bahan pembicaraan.
Masuk studio 10 menit sebelum jam acara dimulai adalah hal yang benar dilakukan seorang penyiar, setidaknya untuk mempersiapkan mental dan mempersiapkan diri agar tidak terkesan tergesa gesa pada saat mulai on air.
Jingle radio biasanya akan diputar pertama kali pada saat pergantian acara ini berfungsi untuk peralihan dari penyiar sebelumnya dengan penyiar yang siap On Air mempersiapkan diri.

Saat Seorang Penyiar sudah siap On Air, sebelum opening hal yang pertama kali kita lakukan adalah menyusun skema siaran meliputi:
  • Menyiapkan IDS/jingle singkat radio yang mau diakai
  • Menyiapkan Iklan apa saja yang harus diputar sesuai jadwal
  • Meniapkan bahan siaran
  • Menyiapkan lagu yang kan diputar
Yang perlu diperhatikan adalah putarlah iklan, IDS dan jenis lagu sesuai jadwal dan format dari redaksi.
Jangan sampai terjadi kesalahan pemutaran jam iklan dan kesalahan format lagu yang diputar, karena bisa-bisa kalian di tegur Station Manager deh.

Nah selanjutnya kita akan belajar opening saat On Air…so ikuti terus blog bocah sihir ya biar kalian bisa menjadi Penyiar handal.
Buka Komentar

Belum ada Komentar untuk "Cara Belajar Menjadi Seorang Penyiar (Announcer)"

Posting Komentar