Keunggulan File PDF Dibandingkan Word

Keunggulan File PDF dibandingkan Word 

Bocah Sihir - Dunia telah mengalami perubahan selama beberapa dekade belakangan ini dengan dikenalnya teknologi komputer dan internet. Sekarang orang menulis tidak lagi menggunakan kertas, melainkan menggunakan peralatan elektronik.

Kita semua melakukan segalanya menggunakan komputer mulai dari membuat kertas ujian, hingga menulis esai. Beberapa tahun yang lalu kita masih menggunakan Microsoft Word, untuk membantu kita dalam berbagi kegiatan dan pekerjaan, namun seiring berjalannya waktu, dunia teknologi mulai memperkenalkan file PDF.

File PDF dan Microsoft Word sama-sama memiliki kegunaan dan produktivitas yang bisa dimanfaatkan oleh penggunanya, namum menurut saya File PDF bisa lebih diandalkan karena memiliki beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan Microsoft Word.

Inilah sebabnya banyak sekali orang yang memakai File PDF dibandingkan dengan menggunakan Microsoft Word. Dalam postingan kali ini saya akan berbagi keunggulan File PDF dibandingkan dengan Microsoft Word.


Keunggulan PDF dibanding Word

Interaktif

File PDF memiliki opsi untuk menambahkan gambar atau vidio tanpa merusak format dokumen. Hal ini membuat File PDf lebih interaktif, dan mudah bagi orang-orang untuk terlibat dengan dokumen sebagai bacaan konstan.

Kompatibilitas

File PDF dapat diakses kapan saja, dan diperangkat apa saja tanpa mengalami masalah. File PDF tetap bisa mempertahankan formatnya walaupun dibuka dari perangkat yang berbeda. Sementara file Word dapat kehilangan formatnya jika membukanya dengan versi yang lebih rendah atau lebih tinggi dari versi dimana file aslinya dibuat.

Hal ini tentunya bisa menjadi masalah besar, terutama didalam dunia Korporasi. Bisa dibayangkan, kita tidak bisa memastikan penerima akan membuka File dengan perangkat yang sama dengan yang kita gunakan untuk membuat file asli atau tidak.

Editing

Meskipun Word memiliki opsi yang sama dengan file PDF ketika merubah tata letak atau font, File PDF mempermudah penggabungan dokumen dan menghapus halaman.

Jika menggunakan Word, akan sedikit merepotkan karena kita harus menghapus konten secara manual jika ingin menghapus halaman.

Keamanan

File PDF bisa membatasi apa yang dapat orang lain lakukan dengan dokumen kita. Fitur ini hanya tersedia di PDF sedangkan file Word tidak memiliki fitur ini. Kita bisa membagikan file PDF tanpa harus kuatir penerima akan mengubah file tersebut. Dengan cara ini tentu saja keamanan dokumen akan lebih terlindungi.


eSign

Di era sakarang yang semuanya menggunakan teknolgi, tentunya file PDF bisa sangat bisa diandalkan. Fitur yang terakhir ini memungkinkan kita bisa membuat tanda tangan elektronik. Hal ini akan menghemat  waktu, tinta dan uang.
Tentu kita harus memilih untuk menggunakan jasa aplikasi terbaik untuk membuat tanda tangan seperti Adobe Reader. Tanda tangan elektronik ini sepenuhnya Legal. Jadi kita tidak perlu kuatir bila menemui masalah dikedepannya. Bayangkan jika menggunakan dokumen word, kita pasti dibikin repot dengan segala sesuatunya. Mulai dari mencetak dokumen, ditanda tangani, kemudian di scan untuk menyelesaikan transaksi.

Itulah Keunggulan File PDF jika dibandingkan dengan File Word yang bisa saya share. Jika masih ada yang kurang, silahkan berbagi dikolom komentar. Semoga bermanfaat
Buka Komentar

Belum ada Komentar untuk "Keunggulan File PDF Dibandingkan Word"

Posting Komentar

please don't use anonymously