Cara Ampuh Mencegah Komentar Spam pada Blog

Bocah Sihir - Cara Ampuh Mencegah Komentar Spam pada Blog - Komentar blog adalah cara terbaik untuk meningkatkan jumlah pembaca serta membangun komunitas, namun tidak semua komentar bermanfaat, salah satunya adalah komentar spam. Komentar spam adalah salah satu masalah umum yang hampir semua blogger dan webmaster hadapi saat ini. Berurusan dengan komentar spam biasanya menghabiskan hampir 35% dari keseluruhan tenaga dan pikiran yang dihabiskan blogger atau webmaster untuk blognya. Untungnya ada beberapa cara untuk mengurangi komentar SPAM di blog Anda untuk meningkatkan reputasi blog Anda serta untuk mencegah tautan buruk di blog Anda.

Cara Mencegah Komentar Spam pada Blog

ReCAPTCHA
Pada dasarnya, ini adalah jenis tes challenge-response dan digunakan untuk memastikan bahwa entri telah dibuat oleh manusia, bukan oleh robot atau perangkat lunak. Ketika Recaptcha berhasil ditambahkan ke blog Anda, maka akan menunjukkan gambar yang berisi karakter atau angka yang perlu diketik pengguna di ruang yang sudah diberikan untuk membuktikan bahwa mereka adalah manusia. Perlindungan spam komentar matematis adalah cara lain untuk memverifikasi manusia karena meminta pengunjung membuat komentar untuk menjawab pertanyaan matematika sederhana untuk mengetik beberapa karakter yang berbeda.

Hindari tautan dofollow di komentar
Sebagian besar blogger dan webmaster baru menawarkan pengguna mereka untuk menambahkan tautan dofollow di komentar mereka dengan maksud untuk mendapatkan lebih banyak lalu lintas dan keterlibatan pembaca tetapi hasilnya mereka menerima banyak sekali komentar spam. Pembaca sering menambahkan komentar yang tidak relevan di bawah posting blog bahkan dengan tautan buruk yang tidak relevan dengan niche atau topik postingan Anda. Itulah mengapa Anda harus menghindari tautan dofollow di komentar blog untuk membuat pembaca enggan komentar spam.

Blokir kata-kata tertentu di komentar
Jika Anda menggunakan Wordpress sebagai CMS untuk blog Anda, maka Anda dapat dengan mudah memblokir beberapa kata atau frasa tertentu yang benar-benar tidak ingin Anda lihat di komentar yang dibuat di posting blog Anda. Cukup buka 'Pengaturan Diskusi' di dashboard WordPress Anda dan buat daftar kata-kata yang Anda ingin pembaca Anda hindari dalam komentar mereka. Dengan demikian, Anda dapat mencegah komentar spam di blog Anda karena semua komentar akan dimoderasi secara otomatis dan ditandai sebagai spam.

Hapus bidang URL dari bentuk komentar
Karena sebagian besar komentar spam diposting demi tautan balik, Anda dapat mencegah spam di blog Anda dengan menghapus bidang URL situs web dari formulir komentar. Dengan cara ini, Anda dapat mencegah pembaca yang hanya memposting komentar di posting blog Anda hanya untuk mendapatkan tautan kembali ke situs mereka dan Anda akan mendapatkan komentar dari orang-orang yang benar-benar tertarik dengan tulisan Anda.

Akismet
Akismet adalah salah satu plugin terbaik untuk WordPress untuk mencegah komentar spam dan ini adalah salah satu plugin yang direkomendasikan untuk blogger pemula dan untuk para blogger professional juga. Ini adalah layanan penyaringan spam yang luar biasa yang ditawarkan oleh WordPress untuk penggunanya agar blog mereka tetap bebas spam. Anda hanya perlu mengaktifkan plugin ini karena plugin ini sudah diinstal bersama dengan instalasi WordPress. Akismet melakukan pekerjaan yang sangat baik dalam menangkap komentar SPAM dan memberikan Anda komentar yang terlihat organik dan berguna untuk blog.

Matikan komentar pada posting lama
Jika Anda pengguna WordPress, maka Anda dapat secara otomatis mematikan komentar di posting blog lama Anda dengan mengubah pengaturan diskusi di dasbor Anda. Cukup lihat pengaturan lainnya di bawah Diskusi dan temukan pengaturan komentar lainnya. Anda akan menemukan ada opsi untuk menutup komentar secara otomatis pada artikel yang lebih lama dari tanggal atau hari yang ditambahkan. Dengan cara ini, Anda tidak akan mendapatkan komentar pada posting lama Anda untuk mencegah komentar spam yang berbahaya bagi reputasi blog Anda.

Sistem komentar pihak ketiga
Menggunakan layanan komentar pihak ketiga seperti Disqus, Intense Debate, dan Facebook dapat menjadi salah satu cara terbaik untuk mengurangi komentar spam di blog Anda. Ini adalah sistem komentar yang tidak disukai oleh spammer karena mereka tidak dapat menambahkan tautan mereka secara langsung karena sistem komentar bawaan memungkinkan mereka untuk melakukannya.

Non-Aktifkan HTML dalam komentar
Jika HTML benar-benar dihindari di kotak komentar, para komentator tidak akan dapat menambahkan link aktif di komentar mereka. Kapan pun mereka akan mencoba menambahkan tautan HTML di bagian komentar, Anda dapat membuat komentar mereka seperti teks biasa yang linknya dapat diklik dengan menonaktifkan HTML di komentar.

Verifikasi komentar melalui email
Dengan cara ini, ketika pembaca akan mengomentari postingan blog Anda , email verifikasi akan dikirim ke penulis dengan tautan untuk memverifikasi komentar apakah ingin diterbitkan atau tidak. Ini adalah cara umum untuk mengurangi komentar spam di blog karena anda dapat memilih komentar yang relevan dengan blog anda dan mempublikasikannya.

Kalau saya lebih suka memakai cara yang terakhir, karena lebih mudah untuk di praktekan. Semoga dengan cara diatas blog kita bisa menjadi lebih sehat.

Mungkin hanya ini saja yang bisa saya share, jika Anda memiliki cara lain silahkan berbagi dengan teman lainnya di kolom komentar.

Buka Komentar

Belum ada Komentar untuk "Cara Ampuh Mencegah Komentar Spam pada Blog"

Posting Komentar