Tanda-Tanda Sembelit, Akibat Sembelit, Dan Cara Mengatasinya

Sembelit, apa yang pertama terpikir dibenak anda ketika mendengar kata sembelit?



Penyakit yang satu ini adalah salah satu penyakit yang sering disepelekan oleh banyak orang. Padahal hal sepele seperti ini bisa berakibat buruk bagi kesehatan. Seseorang bisa dikatakan terkena sembelit jika orang itu tidak Buang Air Besar (BAB) kurang dari 3 kali seminggu. 

Apa tanda-tanda jika terkena Sembelit

Tanda-tanda seseorang terkena sembelit adalah tidak lancarnya BAB, sering sakit perut, perut terasa penuh, BAB serasa tidak tuntas, hingga BAB berdarah

Cara mengatasi Sembelit

Sembelit bisa diatasi dengan merubah pola makan dan gaya hidup. Namun jika sembelit tak kunjung sembuh, Bocah Sihir menyarankan agar anda jangan meminum obat pecahar terlebih dahulu. Gunakanlah cara tradisional, 

  • Jika sembelit masih 1 minggu, ubahlah pola makan anda. Perbanyaklah makan makanan yang mengandung serat dan juga perbanyaklah minum susu, karena susu mengandung magnesium yang akan lebih banyak menarik cairan kedalam usus sehingga bisa memperlancar BAB.
  • Jika sembelit sudah 1-2 minggu, minumlah obat pencahar untuk menstimulan gerakan otot perut. Namun jangan sampai anda kecanduan dengan obat pecahar ini. Segera hentikan pemakaian jika BAB sudah lancer.
  • Jika sembelit lebih dari 2 minggu, segeralah berobat ke dokter. Untuk mendapatkan penanganan medis dan  mencegah semakin sembelit semakin kronis.

Cara Pencegahan Lain
  • Rajinlah berolahraga dikarenakan oalh raga akan meningkatkan pergerakan usus, dan memperkuat usus sehingga akan membuat BAB menjadi lancar
  • Hindari menahan BAB. Jika anda sering menahan BAB, feses yang akan dikeluarkan akan tertahan dan menyebabkan feses menjadi keras dan akan susah untuk dikeluarkan. 


Akibat sembelit jika sudah kronis

Jika tidak ditangani dengan serius. Sembelit bisa menjadi kronis dan akan mengganggu aktifitas dan kesehatan. Tentunya akan lebih susah lagi untuk bisa menyebuhkan penyakit sembelit ini.


  • Wasir (Ambien)

Adalah pembengkakan dan peradangan pada pembuluh darah rectum yang disebabkan karena sering mengejang saat BAB dikarenakan kerasnya feses.  Pederita ambien biasanya akan menahan rasa ingin BABnya karena akan terasa sakit. Tetapi justru jika menahan  rasa ingin BAB, hal itu akan memperburuk penyakit sembelit anda.


  • Komplikasi Diabtes

Sembelit juga bisa berpengaruh dan menjadikan salah satu  komplikasi diabetes. Penderita diabetes biasanya lebih rentan mengalami peradangan didalam organ tubuhnya termasuk didalam usus. jika sembelit yang ada derita tak juga sembuh, anda yang memiliki penyakit diabetes harus bisa menjaga asupan gula yang masuk kedalam tubuh anda dan segeralah berobat ke dokter.


  • Tumor Usus

Tumor usus bisa juga diseabkan oleh sembelit yang berkepanjangan. Hal ini disebabkan karena feses yang seharusnya dikeluarkan terlalu lama mengendap dalam tubuh dan akan mencadi toksin atau racun yang dapat memicu sel kanker.

Kesimpulan 
Seperti kata pepatah “Kesehatan Mahal Harganya” 

Segala sesuatu yang besar bisa diakibatkan oleh hal yang kecil. Maka dari itu Bocah Sihir menyarankan bagi anda jangan pernah menyepelekan sebuah penyakit. Baik itu sembelit ataupun penyakit lainnya. 

Demikian yang bisa Bocah Sihir share kali ini. Semoga bermanfaat.
Buka Komentar

Belum ada Komentar untuk "Tanda-Tanda Sembelit, Akibat Sembelit, Dan Cara Mengatasinya"

Posting Komentar