Sebab, Akibat, Cara Mengetahui, dan Cara Mengatasi Broken Link pada Blog

Konten [Tampil]
Bocah Sihir - Pernahkah saat anda browsing  menemukan halaman error? Atau tulisan “404 Page Not Found”? Tentunya sangat menyebalkan bukan?
Sebagai orang awam, pasti berpikir bahwa halaman itu sudah tidak bisa diakses. Yeah, hal itu memang benar adanya. Dalam dunia blogging disebut Broken Link

Pastinya jika hal ini dibiarkan akan memberikan efek negatif terhadap blog anda. Walaupun sebenarnya hal ini adalah wajar. Seiring berjalannya waktu pasti akan ada link yang mati dalam sebuah blog. 


  • Domain yang dipakai tidak dipakai lagi
  • Penggantian domain (walaupun nantinya kan dialihkan, tetapi di mata search angine ini adalah broken link)
  • Link yang artikelnya sudah dihapus
  • Akun blogger yang sudah dihapus atau ditutup
  • Salah dalam pengetikan url alamat blog 


Beberapa Akibat Broken link yang saya rangkum dari berbagai sumber adalah sebagai berikut:

  • Mengurangi kepercayaan pengunjung blog

Pengunjung blog akan merasa kecewa, dan pastinya akan mencari informasi yang dibutuhkan ke blog lain. Hal ini pastinya akan mengurangi pengunjung blog anda. Dan bisa saja kedepannya pengunjung akan merasa malas berkunjung ke blog anda jika masalah ini dibiarkan berlarut-larut.

  • Meningkatkan Bounce Rate

Bounce rate adalah presentase pengunjung yang meninggalkan blog jika sudah menemukan apa yang dicari. Biasanya Bounce Rate hanya membuka satu halaman saja. Hal ini akan berakibat buruk terhadap blog di mata search angine. Dan akan susah bagi blog untuk bisa berada di halaman pertama google.

  • Artikel susah terindex Google

Yeah, otomatis jika Bounce Rate semakin naik, anda akan kehilangan ranking SERP dan akan membuat blog anda berada urutan yang entah ada di nomor berapa. Bahkan menurut artikel yang saya baca, posisinya bisa kalah dengan blog hasil copy paste. 

Bagaimana cara mengetahui Broken Link yang ada di blog kita?


Anda bisa menggunakan media Tools Online. Anda bisa mengeceknya di Broken Link Checker. Isilah alamat blog anda, dan masukan Security Codenya. Semakin banyak isi dari blog anda makan semakin lama Tools Online ini mereviewnya. Jadi anda harus bersabar

Bagaimana cara mengatasi Broken link?

Tentu saja anda harus menghapusnya (jika sumbernya dikomentar). Jika masalahnya adalah salah pengetikan link anda harus segara memperbaikinya.

Lalu bagaimana caranya menghapus komentar yang yang Broken Link, banyak sekali komentarnya? 


Copy link dan klik "url" disebelah Link  yang bermasalah dan setelah semua halaman muncul, gunakan fasilitas Source Code (ctrl+U) lalu gunakan Fasilitas Find (ctrl+F) dan paste-kan link yang broken.  Selanjutnya carilah Anchor teks yang sudah anda temukan di kolom komentar. Kemudian hapuslah komentar tersebut.

Sekian artikel Sebab, Akibat, Cara Mengetahui, dan Cara Mengatasi Broken Link pada Blog. Semoga bermanfaat. 
Buka Komentar

Belum ada Komentar untuk "Sebab, Akibat, Cara Mengetahui, dan Cara Mengatasi Broken Link pada Blog"

Posting Komentar

- Semua komentar akan dimoderasi, jadi tidak semua dipublikasikan
- Komentar menggunakan link aktif tidak akan di Moderasi
- Untuk mendapatkan pemberitahuan balasan dari Admin, silahkan centang Notife Me (Beri tahu saya)