Manfaat SEO dari Sitemap XML dan HTML


Bocah Sihir - Sitemap biasanya adalah dokumen XML yang berisi daftar halaman Website atau blog anda yang telah anda pilih untuk memberitahu Google dan mesin pencari lainnya untuk diindex.


Google dan mesin pencari lainnya sering menggunakan dokumen XML sebagai panduan untuk mengindex halaman yang tersedia di website atau blog anda. Walaupun kita tidak tahu Google akan mengindex semua sitemap yang dikirim atau tidak. Tetapi hal ini akan sangat membantu Google menemukan halaman anda.

Sitemap juga  mengandung informasi setiap halaman , termasuk saat dibuat dan terakhir diperbarui. 

Sitemap adalah salah satu hal langka dalam SEO yang diberikan oleh Google dengan kode jempol keatas. Sepeti diketahui, Google sering berbicara dengan pemilik website atau blog dengan teka-teki rahasia.

Seperti yang Google katakan,
“jika halaman situs anda terhubung dengan benar perayap web kami biasanya dapat menemukan sebagian besar situs anda. Meski begitu sitemap dapat meningkatkan  perayapan situs anda, terutama terutama jika situs anda memenuhi salah satu kriteria berikut……”

Website atau Blog mana yang membutuhkan sitemap?

Dalam tulisan “kriteria berikut”, Google mengkalim bahwa Sitemap sangat membantu untuk:


  • Website atau blog yang  besar
  • Website atau blog yang tidak banyak memiliki content tertaut dengan baik
  • Website atau blog baru
  • Website atau blog dengan content multimedia


Sudah sangat jelas diatas bahwa sebagian besar atau mayoritas website atau blog harus memiliki Sitemap.

Apakah sitemap memiliki resiko buruk bagi website atau blog?

Sitemap adalah bagian dari SEO yang langka, indah, menakjubkan dan luar biasa. memiliki Sitemap tidak akan menimbulkan resiko buruk bagi website atau blog anda.

“dalam banyak kasus, situs anda akan mendapat manfaat dari kepemilikan sitemap. Dan anda tidak akan pernah dihukum karena memiliki satu”

Singkatnya Google telah mengkonfirmasi bahwa anda tidak akan dihukum untuk Sitemap dan mungkin akan membantu website atau blog anda. Dengan informasi itu, anda dapat melihat dengan tepat mengapa setiap website atau blog yang ingin mendapatkan peringkat di Google memerlukannya.

Manakah yang harus dipilih sitemap XML atau HTML?

Perbedaan sitemap XML dan Sitemap HTML adalah jika sitemap XML ditulis untuk dibaca mesin pencari, sedangkan sitemap HTML ditulis untuk dibaca manusia.

Sitemap XML secara khusus ditulis untuk spiderbot. Spiderbot bisa dengan mudah mengekstrak semua bagian informasi penting tentang website atau blog anda dengan melihat file XML.

Sitemap HTML memungkinkan pengguna manusia  untuk menemukan halaman situs anda. Seperti diketahui, jika ingin mendapatkan peringkat oleh Google, kita harus meningkatkan pengalaman pengguna. Mungkin saja jika memasang Sitemap HTML, bisa meningkatkan pengalaman pengguna yang mengunjungi website atau blog kita.

Selain itu, sitemap HTML yang dibuat dengan baik harus memiliki tautan anchor yang menunjuk ke setiap halaman website atau blog anda. Hal ini memastikan bahwa seluruh website atau blog anda dapat dirayapi oleh mesin penelusur. Secara teori sitemap HTML yang dibuat dengan baik akan mengurangi kebutuhan sitemap XML.

Jadi jenis sitemap mana yang harus digunakan? 

Jawaban yang paling mudah adalah keduanya. Sitemap XML untuk mesin penelusur, sedangkan sitemap HTML untuk pengunjung website atau blog anda.

Alasan lain untuk memiliki sitemap XML adalah untuk mengatasi duplikasi content.  Google sangat tidak menyukai duplikasi content. Google tidak segan-segan untuk menghukum website atau blog yang teridentifikasi menduplikat content orang lain. Sitemap XML juga menunjukan kepada google bahwa anda adalah pencipta asli content. Sitemap akan menunjukan tanggal content dibuat, dan dipublikasikan bahkan dalam hitungan jam.

Kesimpulan
Membuat Sitemap XML dan Sitemap HTML sangat bermanfaat bagi website atau blog anda. Meskipun belum terbukti secara konkret bahwa sitemap akan menguntungkan  website atau blog anda, ada banyak hal baik yang bisa anda dapatkan jika memiliki keduanya.

0 Response to "Manfaat SEO dari Sitemap XML dan HTML"

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda, Tanpa Komentar Anda Saya Bukan Apa Apa