Jenis Jaringan Handphone dan Cara Mengetahui Kecepatannya

Pernahkan anda emosi gara-gara sinyal internet susah atau lambat?



Bocah Sihir - Di era modern sekarang ini, koneksi internet sangatlah dibutuhkan. Dari anak kecil hingga dewasa, dari pegawai biasa hingga wira usaha semua membutuhkan koneksi internet. 

Tak bisa dipungkiri bahwa kemajuan dalam hal perkembangan teknologi sangat pesat. Kalau dibandingkan era saya saat kecil sangat jauh. Apalagi dalam hal komunikasi. Dahulu orang harus pergi ke wartel untuk bisa menelpon, sekarang sudah ada Handphone jadi tidak perlu lagi mengantre di wartel. Bahkan untuk melakukan panggilan video pun sudah banyak sekali aplikasi-aplikasi yang mendukung untuk melakukan panggilan video. Sebut saja Whatapp, Line, BBM, dan masih banyak lainnya.

Dengan berkembang telekomunikasi Handphone, tentunya diimbangi dengan kecepatan internet yang semakin lama semakin cepat. Jika diuraikan Sinyal atau Jaringan Handphone bisa dibagi menjadi beberapa diantaranya,


  • Sinyal G (GPRS)

Sinyal GPRS (General Paket Radio Service) adalah jaringan system data paket intenet untuk Handphone. Jaringan ini memiliki kecepatan 35-171 Kbps.


  • Sinyal E (EDGE)

Siyal EDGE (Enhanced Data rate for GSM Evolution) adalah generasi penerus dari GPRS. Sinyal ini memiliki kecepatan 120-384 kbps.


  • Sinyal 3G

Sinyak 3G sebenernya adalah turunan dari sinyal GPRS. Arti dari  3G adalah GPRS versi 3. Sebenarnya antara GPRS dan 3G sama saja. Yang membedakan hanyalah protocol data yang menggunakan UMTS (United Mobile Telecomunication Technology). Sinyal ini memiliki kecepatan  384-2 Mbps.


  • Sinyal H (HSPA atau HSDPA)

HSPA (High Spedd Packet Access) sering disebut juga 3,5G karena memang lebih baik dari 3G. sinyal ini memiliki kecepatan rata-rata 1-3 Mbps. Sedangkan sinyal HSDPA (High Speed Downlink Packet Access) atau sering disebut H+ memiliki kecepatan hingga 7,2 Mbps.


  • Sinyal 4G atau LTE

Sinyal LTE (Long Term Evulotion) merupakan generasi ke 4 dari GPRS. Memiliki kecepatan hingga 100 Mbps.


  • Sinyal 5G

Masih sedikit Handphone yang menggunakan sinyak 5G. konon sinyal 5G bisa memiliki kecepatan hingga 1 Gbps. 

Dari jabaran diatas, bisa diketahui bahwa kecepatan sinyal sebenarnya sudah sangat kuat, apalagi untuk sinayl 3G, 4G hingga 5G. tetapi hal ini tergantung dari lokasi dimana anda tinggal. Jika anda tinggal didaerah yang tidak didukung sinyal tersebut pasti sinyal tersebut tidak akan bekerja secara maksimal walaupun handphone anda sudah mendukung 4G atau bahkan 5G. 

Untuk itu, saya akan berbagi Cara Untuk Mengetahui Kecepatan Internet di Handphone anda.  Sebenarnya fitur di beberapa Smartphone sudah bisa menunjukan kecepatan internetnya. Tetapi bagi Handphone yang memiliki fitur ini bisa mengeceknya secara online.


  • Cyberindo aditama | SpeedTest

  • Biznet Networks Bandwidth Speed Test

  • Fast.com: Internet speed

  • Speed Test – Free Inetrnet Speed Test

  • Internet Speed test – www.meter.net


Demikian yang bisa saya share kali ini. Semoga bisa menjadi manfaat bagi anda yang membacanya. 
Buka Komentar

Belum ada Komentar untuk "Jenis Jaringan Handphone dan Cara Mengetahui Kecepatannya"

Posting Komentar