Cara Membuat Surat Lamaran Kerja atau CV

cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan menarik

Bocah Sihir - Cara Membuat Lamaran Kerja atau CV - Pekerjaan memang menjadi hal yang sangat penting karena dapat menopang ekonomi untuk memenuhi kebutuhan kita dengan gaji yang didapat. Untuk mendapatkan pekerjaan yang kita inginkan dan kita cita citakan adalah impian semua orang, tapi terkadang kita harus menelan kekecewaan karena pekerjaan yang kita dapat adalah bukan pekerjaan yang kita inginkan.

Tapi bersyukurlah karena kita masih diberikan rejeki dari Tuhan dengan pekerjaan kita sekarang, karena untuk mendapatakan pekerjaanpun banyak persyaratan yang harus kita penuhi apalagi dijaman sekarang saingan begitu banyak dan lapangan pekerjaan yang begitu sempit.

Banyak hal hal yang diinginkan sebuah perusahaan untuk mendapatkan karyawan terbaiknya, biasanya perusahaan membutuhkan hal hal antara lain :

  • Pendidikan yang memadai
Karena pendidikan akan mempengaruhi pola pikir seseorang

  • Skill
Adalah keahlian atau kemampuan khusus yang dimiliki diluar pendidikan basic, ini akan berpengaruh pada bagaimana seseorang akan bekerja nanti.

  • Penampilan/attitude
Bagaimana seseorang bisa beradaptasi dengan lingkungan kerja dengan attitude/tingkah laku yang baik sekaligus ditunjang dengan penampilan yang menarik akan menjadi nilai plus

  • Komunikasi yang baik
Akan menjadi hal yang sangat penting, karena dengan seseorang dapat berkomunikasi dengan baik makan diapun dapat menyelesaikan pekerjaannya dengan baik, apalagi pekerjaan dibidang marketing dan customer service

Untuk mendapatkan sebuah pekerjaan selain harus memiliki point tersebut di atas, kita juga harus mempersiapkan berkas berkas yang dibutuhkan untuk melamar sebuah pekerjaan.

Agar lamaran kita dapat lolos seleksi perusahaan, maka kita perlu tahu terlebih dahulu seperti apa sih pekerjaan sehari hari seorang HRD/personalia.

Pada umumnya selain menyeleksi lamaran yang masuk, HRD juga sibuk mengurusi hal hal terkait karyawan seperti gaji, absensi dan lain lain, oleh karena itu sangat perlu buat kalian yang mau melamar pekerjaan untuk memperhatikan surat lamaran kita agar bisa tampil berbeda dari pelamar yang lain tetapi masih dalam batas formalitas. Jangan sampai surat lamaran kita adalah copy paste dari kebanyakan orang, karena seorang HRD sangat ahli dalam mengetahui mana lamaran hasil contekan dan mana yang bukan, hal ini juga berlaku dalam membuat CV/daftar riwayat hidup.


ALUR PENERIMAAN KARYAWAN BARU




Untuk menjadi surat lamaran yang masuk kriteria HRD, maka setidaknya ada hal hal berikut yang harus ada dalam sebuah surat lamaran pekerjaan :

  • Tanggal penulisan surat
  • Nama dan alamat perusahaan/penerima
  • Salam pembuka
  • Kalimat isi
  • Kalimat penutup
  • Salam penutup
  • Tanda tangan
  • Nama lengkap pelamar

Kalian bisa lihat contoh surat lamaran yang benar berikut ini yang bisa ditulis menggunakan Microsoft Word :

Purwokerto, 2 Maret 2012
(Tanggal penulisan)

Kepada Yth.
Bapak Imam santoso
HRD PT. Rita Ritelindo
Jl. HM Bachroen No. 115 Purwokerto Banyumas
(Nama & alamat Perusahaan)



Dengan Hormat
(Salam Pembuka)

Melalui surat ini saya Haris Himawan ingin mengajukan lamaran pekerjaan sebagai staff administrasi di PT. Rita Ritelindo sesuai disilpin ilmu, kemampuan dan pengalaman saya.
(Kalimat Pembuka)

Saya lulus dari program sarjana untuk bidang manajemen perkantoran universitas Gajah Mada Purwokerto pada tahun 2010, dan saya juga lulusan dari LPH komputama berbasis ahli computer. Sebagai bahan pertimbangan  saya mempunyai pengalaman di bagian administrasi sebuah distributor food dengan mengampu mengenai perpajakan, Keuangan dan Kas.
Saya yakin dengan ilmu kemampuan dan pengalaman saya, saya mampu menjalankan jobdisk/tugas dan tanggung jawab yang bapak berikan dengan baik.

Bersama ini saya lampirkan juga curriculum vitae, fotocopy ijazah dan transkip nilai, fofocopy kartu identitas dan foto terbaru.
(Kalimat Isi)

Demikian surat lamaran ini saya buat, atas perhatian bapak saya ucapkan terima kasih
(Kalimat Penutup)


Hormat saya,

====tanda tangan===

Haris Himawan
(Tanda tangan & Nama Lengkap)



Mengapa surat lamaran kerja tidak lolos seleksi HRD?

Jika kalian sudah memenuhi kriteria lowongan kerja tetapi tetap tidak lolos seleksi, bisa jadi surat lamaran kerja kalian belum memenuhi aspek sbb :

  • Tidak sesuai KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)
Surat lamaran kerja adalah representasi rasa hormat pencari kerja, karena itu penggunaan bahasa yang sesuai KBBI adalah hal yang lazim

  • Tidak menunjukan kesan santun
Walaupun kalian mengenal baik penerima surat lamaran tersebut, ada etika yang harus dihormati sebagai calon karyawan karena HRD tentu tidak akan menerima karyawan yang tidak dapat menjaga sopan santun

  • Tidak memiliki struktur
Menulis tanpa struktur ibarat jalan tanpa rambu lalu lintas, semua jadi membingungkan yang membaca karena terkesan seperti curhatan.

Tips membuat lamaran kerja yang menarik

Selain mengikuti struktur formal yang dicontohkan di atas, ada beberapa teknik lain yang menarik:

  • Cukup satu halaman
Surat lamaran bukanlah ajang curhat dan juga bukan riwayat hidup, cukup dengan satu halaman A4 cukup untuk menunjukan rasa hormat dengan padat, jelas dan sopan. Padat bukan berarti disingkat singkat tetapi penuh arti tanpa bumbu bumbu kata kata yang tidak perlu. Penulisan kalimat yang sopan dapat meunjukan kredibel dan dapat dipercaya

  • Tanpa Cela
Hindari kesalahan ejaan (typo) caranya setelah menulis lamaran pekerjaan kalian dapat baca kembali untuk mengkoreksi

  • Pakai kertas khusus
Untuk menarik perhatian khusus HRD, kalian bisa tampil beda dengan menggunakan kertas yang lebih tebal atau warna lain  selain putih

  • Minta review orang lain
Tidak ada yang lebih menenangkan dengan meminta  orang lain review surat lamaran yang kalian buat.

Sekian tips buat kalian yang lagi proses untuk melamar sebuah pekerjaan, semoga sukses



Buka Komentar

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Surat Lamaran Kerja atau CV"

Posting Komentar