Usia Tepat Ajarkan Anak Memahami Al Qur'an

Konten [Tampil]
Al Quran adalah pedoman umat muslim di seluruh dunia. Memepelajari dan mengamalkan adalah kewajiban semua orang yang memeluk agama Islam. 

Banyak orang tua yang meninginkan anaknya bisa menghafal Al Quran, dengan harapan ini bisa menjadi kebiasaan baik sampai mereka dewasa nanti. Lantas pada usia berapa anak bisa diajarkan untuk mempelajari Al Quran?

Dikutip dari Muslim.or.id di usia 3 tahun akal anak mulai berkembang, dan memiliki memori yang masih polos, masih menyukai kisah-kisah dan masih menurut jika diperintahkan melakukan sesuatu. Kebiasaan baik ini hendaknya orangtualah yang mengajarkan, karena pada usia tersebut anak masih sangat dekat dengan orangtuanya dan belum bisa memiliki pelafalan yang baik dan belum bisa fokus terhadap hafalannya.

Bagaimana caranya?

Mulailah dengan mengajarkan hafalan surat-surat pendek beserta maknanya dengan berulang-ulang, tentunya dengan cara yang menyengkan. Seperti saat menyuapi, atau saat main bersama. Apabila surat yang diajarkan panjang, bisa diajarkan dengan cara dipotong-potong supaya mudah dihafalkan. Hal ini bertujuan supaya anak lebih bisa mengingat hafalannya dan lebih cepat untuk bisa menghafal tanpa didikte. Atau bisa juga mengajarkan dengan cara bermain dan bernyanyi, karena di era sekarang ini banyak sekali aplikasi-aplikasi di internet yang bisa membantu anda untuk mengajarkan si kecil agar bisa lebih cepat dalam mempelajari dan menghafal Al Quran dengan cara yang menyenangkan.
Buka Komentar

Belum ada Komentar untuk "Usia Tepat Ajarkan Anak Memahami Al Qur'an "

Posting Komentar

- Semua komentar akan dimoderasi, jadi tidak semua dipublikasikan
- Komentar menggunakan link aktif tidak akan di Moderasi
- Untuk mendapatkan pemberitahuan balasan dari Admin, silahkan centang Notife Me (Beri tahu saya)