Kiat Mendampingi Anak Belajar di Rumah

Konten [Tampil]

Perlukah mendampingi anak saat belajar? 


Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya pintar di sekolahnya. Sehingga kebanyakan orangtua akan mendampingi anak saat belajar dirumah. Lalu bagaimana kiat mendampingi anak saat belajar dirumah?



Sebaiknya jangan terlalu ketat saat anda mendampingi anak belajar. Saat anak melakukan kesalahan, sebaiknya jangan langsung mengoreksi, melainkan memberi kesempatan dan membantu anak mencari tahu kesalahannya. Sehingga anak akan mengoreksi jawabannya sendiri. 

Dalam hal psikologi, jika anda langsung menyalahkan dan mengkoreksi apa yang dikerjakan anak, anak akan cenderung takut untuk mencoba lagi dan dikhawatirkan anak akan mogok belajar.

Baca Juga : Usia Tepat Ajarkan Anak Memahami Al Qur'an

Selain itu efek buruknya, anak bisa kehilangan kepercayaan dirinya dalam belajar, sehingga membuat nilai pelajarannya akan menurun. Tentunya anda tidak mau hal ini terjadi kan?  cara lain yang bisa anda terapkan saat mendampingi anak belajar adalah memberi anak kesempatan untuk fokus dan bicara seperlunya saja. Hal ini membuat anak lebih berkonsentrasi dalam belajar.

Kiat-kiat lain yang juga harus anda perhatikan adalah menjadikan kegiatan mendampingi anak saat belajar sebagai hal yang menyenangkan bagi anda dan anak. Sehingga anak akan lebih bersemangat saat belajar pada keesokan harinya. Selain itu, biarkan anak menentukan sendiri jadwal belajarnya sehingga anak tidak akan merasa terkekang, dan buatlah kesepakatan kapan anak belajar. Beberapa anak ada yang lebih nyaman belajar siang hari, sore hari, bahkan malam hari. Hal ini akan menanamkan sifat tanggung jawab pada anak bahwa belajar adalah kewajibannya bukan perintah anda.





Buka Komentar

Belum ada Komentar untuk "Kiat Mendampingi Anak Belajar di Rumah"

Posting Komentar

- Semua komentar akan dimoderasi, jadi tidak semua dipublikasikan
- Komentar menggunakan link aktif tidak akan di Moderasi
- Untuk mendapatkan pemberitahuan balasan dari Admin, silahkan centang Notife Me (Beri tahu saya)