Ibu Hamil Dilarang Minum Kopi, Benarkah?



Kopi merupakan minuman yang sudah terkenal diseluruh dunia. Dari laki-laki maupun perempuan menyukainya. Bahkan di beberapa tempat di Indonesia dijadikan "Jamuan" untuk Tamu yang datang sebagai bentuk penghormatan. Namun apakah perempuan yang sedang hamil bisa menikmatinya?

"Ibu hamil boleh minum kopi, tapi harus dibatasi" ungkap dr. Juwalita Surapsari M Gizi, spGk dari acara Ayo Hidup Sehat yang, ditayangkan di TVONE, Jumat 7 September 2018.

dr. Juwalita menambahkan bahwa zat kafein dalam kopi akan sangat mudah melewati plasenta, namun sang bayi akan lambat untuk mencernanya. Namun tetap berpengaruh terhadap sel-sel bayi. karena itu dr. Juwalita menyarankan bagi Ibu Hamil yang minum kopi sebaikanya tidak lebih dari satu cangkir tiap harinya. Jika ibu hamil mengkonsumsi kopi berlebihan bisa mengakibatkan rufluk asam lambung, anemia, keguguran hingga bayi lahir dengan berat badan yang kurang.

Disamping itu kopi juga meningkatkan efek sering buang air, karena kafein pada kopi merupakan zat deuretik yang membuat ginjal banyak mengeluarkan cairan serta meningkatkan Hipertensi. Oleh karena itu dr. Juwalita menyarankan untuk penderita Hipertensi tidak mengkonsumsi kopi berlebihan hanya satu cangkir tiap harinya. dr. Juwalita juga meyarankan untuk tidak menambah gula dan susu yang bisa memicu obesitas. Khusus untuk penderita penyakit maag, bisa mengkonsumsi kopi jenis arabika yang lebih ramah terhadap lambung.



2 Responses to "Ibu Hamil Dilarang Minum Kopi, Benarkah?"

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda, Tanpa Komentar Anda Saya Bukan Apa Apa