Gosok Gigi Bisa Menurunkan Resiko Alzheimer

Istilah Alzheimer atau biasa disebut Pikun masih menjadi momok yang menakutkan bagi segelintir orang, sebenarnya Alzheimer bukan penyaikit menular, melainkan sejenis sindrom dengan apoptosis sel-sel otak yang hampir bersamaan sehingga otak tampak mengerut dan mengecil. Tapi tahukah anda bahwa kegiatan kecil seperti rajin menggosok gigi bisa menurunkan resiko Alzheimer?

Hasil penelitian yang dilakukan oleh King's Collage London dan University of Sauthampton Inggris yang telah meneliti 59 orang dengan dimensia ringan menunjukan hal yang mengejutkan. Mereka yang memiliki gusi yang tidak baik kondisinya menurun 6 kali lebih cepat dibanding yang memiliki gusi sehat.

"Memang ada hubungan langsung dengan periodonitis dengan penurunan kognitif, mengatasi penyakit gusi dapat menjadi salah satu solusi dalam pengobatan Alzheimer", ungkap Prof. Clive Hilmes dari Universitas Southampton Inggris.


Jika kebetulan anda mempunyai orangtua yang menderita Alzheimer, Beri tahu untuk selalu menjaga kebersihan gigi dan gusi dengan cara menyikat gigi secara rutin minimal 2 kali sehari.

Namun apakah jika anda masih muda bisa terkena Alzheimer? jawabannya masih belum diketahui, karena pada umumnya penderita Alzheimer adalah orang yang berusia 65 tahun ke atas. Tetapi tidak ada salahnya untuk memulai hidup sehat dari sekarang. Mulai dari menyikat gigi secara rutin, membersihkan mulut dengan obat kumur anti bakteri, dan mulai mengurangi makanan yang mengandung kadar gula banyak sehingga memicu pembusukan gigi.

Dikutip Dari :
Berbagai Sumber

Buka Komentar

Belum ada Komentar untuk "Gosok Gigi Bisa Menurunkan Resiko Alzheimer"

Posting Komentar

please don't use anonymously