Cara Sederhana Agar Bumbu Dapur Awet


Bagi anda yang hobi memasak, terutama masakan Indonesia yang kaya akan rempah dan bumbu, tentu menginginkan bumbu yang berkualitas dan awet bukan? Bisa dibayangkan jika anda sedang memasak, tiba-tiba kehabisan bumbu atau bumbu yang akan dibuat masakan busuk atau rusak? pasti membuat mood untuk memasak jadi berkurang. Disini Bocah Sihir akan berbagi sedikit kiat untuk anda yang hobi memasak dan menginginkan bumbu awet dan tahan lama. 

Yang pertama yang bisa anda lakukan adalah memasukan bumbu kedalam plastik atau toples yang bersih. Simpan di tempat yang kering dan sejuk. Usahakan agar tidak terkena sinar matahari secara langsung, karena untuk beberapa bumbu kualitasnya akan menurun jika terkena sinar matahari. 

Kedua sebelum anda menyimpan bumbu, usahakan dicuci terlebih dahulu terutama untuk bumbu yang terkena tanah, seperti kunyit, kencur, jahe, lengkuas, dan sejenisnya. Kemudian dikeringkan terlebih dahulu, tapi jangan terlalu lama kira-kira berkurang airnya saja.

Ketiga, untuk bumbu umbi seperti jahe, lengkuas, kunyit, kencur dan sejenisnya simpanlah ditempat yang tidak terlalu lembab untuk menghindari tumbuhnya tunas.

Ke empat anda bisa mengawetkan bumbu dengan cara dihaluskan kemudian ditumis hingga benar-benar matang sehingga bumbu akan tanak dan tidak mudah basi. Setelah itu anda bisa menyimpannya di lemari es dan bisa anda gunakan kapan saja.

Nah, jadi jangan bingung lagi buat anda yang hobi memasak tapi terkendala bumbu yang tidak awet. Sekian artikel Cara Sederhana Agar Bumbu Dapur Lebih Awet dan Tahan Lama, Semoga bermanfaat
Buka Komentar

Belum ada Komentar untuk "Cara Sederhana Agar Bumbu Dapur Awet"

Posting Komentar

please don't use anonymously